Pj Wali Kota Palembang Ucok Damenta Buka Festival Pencak Silat

Palembang – Pj Walikota Palembang Ucok Abdul Rauf Damenta secara resmi membuka Festival Pencak Silat Tingkat SD, SMP, SMA, Dewasa dan Master Kota Palembang yang akan berlangsung dari tanggal 4- 6 oktober 2024 yang berlangsung di PS Mall jalan POM IX Palembang. Jumat ( 3/10/24).

Hadir pada acara ini Ketua Koni Kota Palembang Anton Nurdin, Kadispora Kota Palembang Edison, Sekretaris IPSI Kota Palembang Sehat Saputra dan beberapa undangan lainnya.

Pj Walikota Palembang Ucok Abdul Rauf Damenta berharap festival ini bisa menjadi ajang penyaluran kreativitas dan sebagai momentum dalam pembinaan mentalitas antar peserta festival pencak silat ini.

”Festival ini berharap mampu mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga khususnya Pencak Silat ini,” kata Pj Walikota Palembang.

Selain itu festival ini dapat juga sebagai wadah pembentukan watak,kepribadian, disiplin dan sportivitas yang tinggi para atlet Pencak Silat ini, yang nantinya dapat meningkatkan prestasi yang lebih tinggi lagi baik Nasional maupun Internasional ,sehingga nantinya membangkitkan rasa kebanggaan dan akan melahirkan atlet Pencak Silat terbaik mewakili Kota Palembang.

”Sekali saya mewakili pemerintahan Kota Palembang mengucapkan selamat mengikuti Festival Pencak Silat dan dapat bertanding dengan sportivitas yang tinggi,” pungkasnya.

Ketua Pelaksana Bambang Semedi menjelaskan, Festival Pencak Silat ini diikuti sebanyak 45O peserta dari berbagai perguruan se Kota Palembang dan ada dari luar Kota Palembang.

Sekretaris umum Ikatan Pencak Silat Indonsia (IPSI) Kota Palembang Sehat Saputra SH juga menjelaskan Suatu hal yang menarik pada festival ini, diadakan di pusat perbelanjaan yang cukup ternama di Kota Palembang yakni Palembang square Mall.

”Kami sengaja menggelar kegiatan ini Mall, dengan demikian masyarakat umum dapat melihat olahraga warisan budaya ini,yang selama yang menonton hanya orang tua peserta saja,” kata Putra

Putra menambahkan festival Pencak Silat di Mall ini untuk yang ke tiga kalinya namun jaraknya cukup jauh, Ia menjelaskan terakhir kegiatan dilaksanakan pada tahun 2017.

”Saya berharap pemerintah Kota Palembang selalu mensuport kegiatan ini untuk diagendakan pelaksanaannya setiap tahun,” ujar Putra.

Selain itu IPSI Kota Palembang mengharapkan Festival seperti masuk dalam program Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Dan bisa menjadi agenda tahunan khususnya pada festival pencak silat kota Palembang.

“Ini sangat penting karena kita sebagai anak bangsa harus turut melestarikan budaya bangsa Indonesia yaitu pencak silat dan jangan sampai Pencak Silat menjadi tamu di rumah sendiri,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua Koni Kota Palembang Anton Nurdin melaporkan bahwa cabang olahraga Pencak Silat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Medan atlet Sumatera Selatan menyumbangan dua Medali Perunggu.

Anton juga menyarankan kepada Dinas Pendidikan melalui Pemerintah Kota Palembang sebagai peningkatan prestasi, cabang olahraga Pencak Silat ini dapat dijadikan pelajaran ekstrakulikuler.

”Dengan demikian pencarian bibit-bibit atlet akan lebih banyak lagi sehingga peningkatan prestasi besar kemungkinan akan lebih lagi di masa mendatang,” ujar Anton Nurdin.