Palembang Jadi Proyek Percontohan GPIP Pendanaan MCA, Pengembangan Kawasan Stasiun LRT dan UMKM

Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menjadi satu dari 5 kota di Indonesia yang menjadi kota proyek percontohan Pemerintahan Amerika Serikat untuk mendapatkan pendanaan dari Millenium Challange Account (MCA).

Menjadi kota proyek percontohan ini, Pemkot Palembang akan mendapatkan bantuan dana hibah sebesar Rp.2 T dari Pemerintah Amerika,untuk mendapatkan dana hibah ini, Pemkot Palembang telah memenuhi salah satu krireria yang ditentukan Pemerintah Amerika.

Penjabat Wali Kota Palembang Abdul Rauf Damenta mengatakan, Pemkot Palembang harus mengajukan permohonan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) untuk pengembangan kawasan kepada pemerintah pusat.

“Untuk dapat hibah itu kita harus memenuhi kriteria,kita harus berbenah aspek.ruang pemerintah kota dengan pemerintah provinsi tidak bertentangan,alhamdulilah kita tidak ada kendala,” kata A Darmenta usai melakukan paparan rencana permohonan KKPR dengan Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR BPR RI Dwi Hariyawan, Kamis (10/10/2024).

Pemanfaatan permohonan KKPR ini, katanya mendapat “lampu hijau” dari Kementerian ATR BPR RI dalam waktu dekat akan langsung ada jawaban persetujuan ini kerjasama Transit Orientwd Development (TOD).

“Ini juga tujuannya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat ataupun juga pelaku usaha disemua jenis layanan di Kota Palembang,” tegasnya.

Kawasan yang paling potensial lahan yang terletak bersebelahan dengan Stasiun Light Rail Transit (LRT) Ampera Palembang menjadi kawasan potensial untuk dikembangkan.

“Infrastruktur penghubung Stasiun LRT Ampera ini belum optimal dengan moda transportasi lainnya seperti fasilitas pejalan kaki dan tempat pemberhentian moda transportasi,” jelasnya.