Aplikasi Hallo Palembang Diluncurkan, Ini Kegunaannya

0
Pemerintah Kota Palembang meluncurkan aplikasi Hallo Palembang, Rabu (5/12/2018) di Hotel Swarna Dwipa. (Foto: Yanti/Pelitasumatera)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang meluncurkan aplikasi Hallo Palembang, Rabu (5/12/2018) di Hotel Swarna Dwipa. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi program smart city.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan  informasi terkait pelayanan yang ada di Palembang sekaligus melayani masyarakat hingga 24 jam.

“Aplikasi Hallo Palembang ini menyediakan 569 pelayanan dari 63 unit layanan, baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi swasta, kecamatan sampai kelurahan,” jelas Harnojoyo.

Dari aplikasi ini, lanjut dia, bisa tergambar pelayanan masing – masing organisasi perangkat daerah. Sehingga akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi.

“Misalnya Dinas Pariwisata yang bisa membagikan informasi lokasi destinasi wisata, kegiatan dan apa saja yang disuguhkan tempat wisata tersebut,” jelasnya.

Tidak hanya pelayanan di Palembang, kata Harno, pihaknya akan melakukan sinergi dengan instansi vertikal seperti PLN dan Polresta Palembang tentang pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi).

“Ini juga nantinya yang banyak dikeluhkan masyarakat. Masyarakat masih bisa menyampaikan keluhan yang nantinya akan kami bantu,” kata Harno.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang Yanurpan Yani menambahkan ada beberapa pelayanan yang bisa digunakan seperti cek harga bahan pokok, lapor warga, peta lokasi kantor pelayanan, cek tagihan PDAM, melacak armada transmusi, CCTV live, mobil jenazah, Ambulance dan call center 112.

Dia mencontohkan melacak armada Transmusi, penumpang dapat mengecek berapa lama lagi armada akan sampai di koridor yang ditunggu penumpang. Hal ini tentunya akan ada koneksi antara driver dengan penumpang.

“Sekarang sudah bisa di download, tinggal cari di Play Store dan langsung install,” ujarnya.

Penulis: Yanti