Bahas Isu Banjir di RPJMD

0
Wali Kota Palembang, H Harnojoyo memberikan paparan pada Konsultasi Publik RPJMD di Ruang Parameswara Setda Kota Palembang. (Foto: Yanti)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Permasalahan banjir masih menjadi persoalan serius yang dihadapi Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang.

Untuk itu, banjir menjadi pembahasan serius Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Palembang, Jumat (14/12/2018) di ruang Parameswara Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang.

Walikota Palembang, H Harnojoyo menerangkan, isu banjir menjadi persoalan serius yang harus segera diselesaikan.
“Sekarang ditambah dengan kondisi cuaca ekstrem, sehingga hujan yang turun sangat deras. Tapi sekarang sudah banyak kita kerjakan, seperti pembangunan pompanisasi, tidak hanya di muara Sungai Bendung, tetapi ada juga normalisasi sungai di Sungai Lambidaro dan Sungai Lais,” ungkapnya.

Dia menambahkan, konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD ini, adalah kewajiban Pemerintah Daerah untuk melaksanakannya. Karena, sesuai dengan peraturan, ini harus dilakukan enam bulan setelah dilantik.

Selain banjir, sambung dia, masalah macet dan sampah menjadi persoalan serius juga. Karena itu, sekarang dibangun Musi IV dan Musi VI termasuk penyediaan fasilitas transportasi serta upaya-upaya lain seperti menerapkan genap ganjil untuk di jalan-jalan protokol.

“Kalau untuk mengatasi masalah sampah, sekarang sedang dalam tahapan pembangunan insenerator,” tukasnya.

Penulis: Yanti