Dongkrak Harga Karet Rakyat, Percepat Bangun Pabrik Ban

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Provinsi Sumatera Selatan memiliki sejumlah potensi destinasi wisata yang layak untuk dikembangkan baik wisata keindahan alam maupun agrowisata lainnya. Pengembangan potensi pariwisata yang ada tersebut sudah menjadi atensi Pemprov Sumsel.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel Herman Deru. “Untuk mengembangkan sektor wisata ini sudah ada dibenak saya, baik  itu agrowisata maupun destinasi keindahan alam lainnya,” ungkap mantan Bupati OKU Timur itu.

HD menambahkan untuk mengembangkan potensi wisata di Sumsel tidaklah harus menggunakan dana yang besar, artinya bagaimana masyarakat sekitar diajak untuk bisa terlibat secara langsung dalam memanfaatkan tempat  wisata tersebut sebagai sumber pendapatan bagi warga.

Disamping itu, selain mengkritisi sektor wisata HD juga mengkritiasi sektor lainnya yakni perkebunan. Kabupaten Musirawas selain memiliki kekayaan alam yang dapat dikembangkan juga memiliki potensi pendapatan dari sektor pertanian dan perkebunan khususnya karet dan sawit.

Hanya saja persoalanya lanjut HD harga karet di tingkat bawah masih belum berpihak pada petani. Karena itu Pemerintah Provinsi merespon persoalan ini dengan cara akan membangun pabrik dekat dengan perkebunan rakyat.

“Saya sudah merespon persoalan ini, dalam waktu dekat industri hilirnya akan kita bangun, terutama  terkait produksi karet rakyat akan segera kita bangun pabrik ban, bahkan investornya saat ini sudah ada,” kata dia.

Dia berharap nantinya pangsa pasar dari ban yang telah diproduksi digunakan kendaraan roda dua atau roda empat terutama kendaraan dinas, sebagai bentuk tanggung jawab moril pemerintah daerah.

Penulis: Kurniawan