Ajak Ambil Peran Bela Negara

Suasana upacara Hari Bela Negara ke-70 di Benteng Kuto Besak, Rabu (19/12/2018). (Foto: Yanti)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengajak seluruh elemen masyarakat kota Palembang mengambil peran membela negara. Demi mewujudkan kota yang kondusif khususnya menghadapi pesta demokrasi di tahun 2019.

Hal ini diungkapkannya saat memimpin upacara Hari Bela Negara ke-70 di Benteng Kuto Besak, Rabu (19/12/2018). Dalam peringatan tersebut, ada nuansa yang berbeda dimana sebagian peserta upacara mengenakan baju adat khas kota Palembang yang menambah khidmat kegiatan pagi itu.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia yang disampaikan Fitrianti Agustinda Wakil Walikota Palembang, bahwa di era digital ini banyaknya sekali pemenuan di era robotik yang digunakan.

“Contohnya, di tengah banyaknya tantangan yang melintas batas ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan nasional, bangsa lain telah semakin jauh memasuki era robotik. Alhamdulillah, tahun ini negara kita sudah memulai langkah dengan merampungkan RoadMap Industri 4.0. Saya tegaskan bahwa RoadMap ini bukan untuk gagah-gagahan. RoadMap ini pun dapat dianggap sebagai manifestasi Bela Negara,” jelas dia.

RoadMap ini, lanjut dia, mengakselerasi kesiapan rakyat menghadapi era robotik. Era dimana ratusan ribu jenis pekerjaan manual akan digantikan oleh teknologi-teknologi disruptif.

“Oleh karena itu, wujud Bela Negara di tengah teknologi disruptif bukanlah larut dalam disruption dan tenggelam dalam teknologi disruptif. Justru bangsa kita harus sekuat tenaga mempertahankan makna pembangunan berkelanjutan baik dalam konteks sosial maupun alamiah:
Dalam konteks sosial, kemampuan generasi milenial mengantisipasi kecepatan perubahan dunia tidak boleh terlepas dari pondasi budaya, kearifan lokal, dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa. Dalam konteks alamiah, penghargaan bangsa kita terhadap kelestarian lingkungan adalah wujud Bela Negara yang sangat penting,” paparnya.

Ditambahkannya, kepada semua unsur masyarakat, TNI dan Polri untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan pemilihan legislatif dan Presiden ditahun depan.

“Saya harapkan mari kita bahu-membahu dalam menjaga NKRI ini, karena dengan kita bersatu maka negara ini akan kuat untuk menepis semua pengaruh-pengaruh yang masuk dari luar,” tutupnya.

Penulis: Yanti