70 Persen Lakalantas Didominasi Kaum Milenial

0
Wali Kota Palembang, Harnojoyo (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG Untuk menekan angka kecelakaan, Polresta Kota Palembang menggelar Sosialisasi Milenial Road Safety Festival 2019. Dengan kegiatan ini, diharapkan kesadaran untuk tertib berlalu lintas makin tinggi, khususnya dari generasi millenial.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, sejauh ini dari data Polresta Palembang, 70% korban kecelakaan didominasi oleh kaum milenial.

“Memang banyak usia produktif. Untuk itu harus kita sosialisasikan agar cerdas dalam berlalulintas. Pemkot sangat mengapresiasi kegiatan ini sekaligus mendukung upaya baik Polresta bersama Dandim untuk menekan angka kecelakaan,” beber dia.

Harnojoyo berharap, agar kegiatan ini tidak hanya menjadi acara seremonial, tapi bisa dimaknai akan pentingnya menjaga serta menaati peraturan lalu lintas.

“Mudah-mudahan semua pesan bisa tersampaikan dengan baik dan mengurangi angka kecelakaan,” harapnya.

Sementara Kapolresta Palembang, Kombespol Didi Hayamansyah mengatakan, sosialisasi ditargetkan dapat diikuti 100 ribu pengunjung. Acara yang akan dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB) dan 16 Ilir.

“Harapan kami dukungan dari media karena nanti ada acara pesta rakyat, hiburan, semuanya dalam rangka keselamatan berlalulintas serta  dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dari even milenial ini, harapannya kaum milenial dapat terhindar dari kecelakaan lalulintas,” imbuhnya.

Diakui Didi, hampir 70% kecelakaan terjadi pada kaum milenial. Berdasarkan data 2018 angka kecelakaan mencapai 360 korban, yang terdiri dari 96 meninggal dunia dan sisanya luka berat.

Itu artinya, kata Didi, usia produktif sangat mendominasi sehingga ia berharap melalui acara ini seluruh elemen antusias tidak hanya kaum milenial tetapi juga dewasa.

Insha Allah acara ini memecahkam rekor MURI dengan ikon jembatan Ampera. Kita berharap juga melalui kegiatan ini bisa menarik para wisatawan untuk datang ke Palembang,” katanya.

Dikatakannya, kecelakaan yang terjadi disebabkan ketidakpatuhan terhadap peraturan lalu lintas, makanya pihaknya rutin melakukan edukasi dengan roadshow ke sekolah.

“Misalnya mengenakan helm serta atribut kelengkapan bekendaraan lainnya. Bila perlu tahun ini zero kecelakaan arus lalu lintas,” harapnya.

Penulis: Yanti