Ratusan Pengawas TPS Tiga Kecamatan Resmi Dilantik

Sebanyak 273 orang petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Inderalaya, Inderalaya Selatan dan Inderalaya Utara dilantik sekaligus mendapatkan Bimbingan Teknis, di aula gedung serbaguna komplek Perkantoran terpadu, Senin (25/3/19). (Foto: Endang Rajo Alam)

Pelitasumatera.com, OGAN ILIR – Sebanyak 273 orang petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Inderalaya, Inderalaya Selatan dan Inderalaya Utara dilantik sekaligus mendapatkan Bimbingan Teknis, di aula gedung serbaguna komplek Perkantoran terpadu, Senin (25/3/19).

Para pengawas TPS tersebut melaksanakan tugas untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di Kabupaten Ogan Ilir. Sebelumnya mereka telah mengikuti berbagai seleksi oleh tim Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan di sekretariat Panwas Kecamatan masing – masing.

Darmawan Iskandar selaku Ketua Bawaslu Ogan Ilir mengatakan, para pengawas TPS dilantik sesuai aturan karena tugas panwas sangat berat untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di TPS – TPS.

“Ini adalah bentuk penghargaan kepada rekan – rekan pengawas TPS sebagai ucapan selamat bergabung di pengawasan Pemilu, perekrutanya juga tidak main – main. Para pengawas TPS mempunyai peran penting dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres, harus bersikap netral dan tidak boleh memihak golongan tertentu.”

“Serta mampu bekerja sungguh – sungguh sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) sebagai pengawas agar penyelenggaraan pemilu Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden agar berjalan dengan sukses dan dapat terpilih sesuai pilihan rakyat,” ujar dia.

Sementara Ketua Panwascam Indaralaya Erik Carpanda menjelaskan, sebanyak 373 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilantik berasal dari Inderalaya Sebanyak, Inderalaya Utara dan Inderalaya Selatan.

“Tugas pengawas TPS itu tidaklah mudah karena harus mampu mengawasi segala aspek dalam setiap tahapan pemilihan ini serta para pengawas bisa bekerja sama secara sinergis nantinya.”

Penulis: Endang Rajo Alam