10 Dubes Kagumi Sejarah dan Budaya Palembang

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Sebanyak 10 Duta Besar (Dubes) dari perwakilan tetap Kedutaan Besar Negara ASEAN, berkunjung ke Palembang. Selain melihat kota Palembang, para Dubes ini juga ingin tahu sejarah dan budaya Palembang.

Rabu (3/7/2019) para Dubes berkeliling ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Para Dubes kagum dengan kemegahan museum dan menurut mereka museum tersebut punya daya tarik untuk wisatawan.

“Museumnya bagus sekali, saya kagum melihat museum ini. Kami juga baru pertama ke Palembang dan melihat ini (museum,red), karena disini kami bisa lihat sejarah Palembang,” jelas HE Phasporn Sangasubana, Perwakilan Tetap Thailand untuk ASEAN.

Katanya, potensi museum ini sangat besar untuk menarik wisatawan. Terutama bagi anak muda atau millenial menjadi corong utama untuk menyebarkan wisatawan datang.

“Potensi Palembang ini sangat besar. Banyak yang mengenal pasca Asian Games yang membuat efek Palembang cukup besar untuk dikenal,” tambah dia.

Seperti Museum SMB II ini salah satu nilai budaya yang dijual sangat tinggi mengingat sejarahnya. “Kita menggelar connectivity meeting untuk membahas konektivitas antar negara di Asean atau istilahnya people to people dan Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah rapat atas keberhasilan pembangunan selama ini,” ungkap dia.

Lanjutnya, hasil pembahasan ini akan dituangkan dalam program-program kerjasama kedepan. “Dan menurut saya Indonesia sendiri punya potensi yang baik untuk kemajuan Asean,” tegasnya.

Ditambahkan Perwakilan Tetap RI, Duta Besar Chilman Arisman mengatakan kegiatan ini digelar selama tiga hari.

“Sebagian dari 10 duta besar ini, memang baru pertama kali ke Palembang. Kegiatan ini digelar selama tiga hari, hari terakhir city tour untuk mengenal budaya,” jelas dia.

Dijelaskannya, diharapkan dengan pembahasan ini bisa memajukan kualitas manusia di negara-negara ASEAN dan Indonesia khususnya. “Kita juga berharap kedepan akan terus terjalin hubungan baik antar negara di ASEAN ini,” ungkapnya. (yan)