3.064 Warga Pasang Baru PDAM Hanya Rp 300 Ribu

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang kembali melanjutkan sambungan murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2019.

Sebanyak 3.064 sambungan rumah (SR) dipastikan akan dipasang di kawasan Seberang Ulu Palembang meliputi Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, II, Plaju, Kertapati dan Kecamatan Jakabaring.

“Dari 5 ribu yang kita usulkan disetujui 3.064 SR, “ kata Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Palembang Cik Mit, Kamis (11/7/2019).

Pengajuan bantuan dari pemerintah pusat Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, dan Menteri Keuangan ini sudah dimulai sejak tahun 2014 dan sebanyak 6 ribu sambungan telah menikmati program yang dibantu Pemerintah Australia melalui Aus- AID.

Sedangkan di tahun 2018 tidak ada karena air baku kurang. “Tahun ini 3.064 sambungan dan tahun 2020 ada 5000 sambungan bantuan sambungan rumah,” beber dia.

Mereka yang mendapatkan bantuan SR MBR ini sudah memenuhi kriteria yang diminta pusat, PDAM melakukan pendataan, dari data inilah pemerintah pusat kembali melakukan pengecekan.

Kriteria ini, kata Cik Mit yakni, SR MBR ini belum pernah melakukan penyambungan ke PDAM dan belum pernah berlangganan, luas bangunan 60 meter persegi, memiliki sambungan listrik 1300 VA,pemilik sah bangunan yang akan dipasang dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan PDAM.

“Mereka hanya cukup bayar Rp 300 ribu untuk syarat administrasi,” tegasnya.

Nah mereka yang sudah terpilih ini, kata Cik Mit untuk segera melengkapi administrasi ke kantor PDAM Tirta Musi mulai 15 Juli hingga 31 Agustus. “Lebih dari jadwal itu kita tidak akan melayani lagi,” katanya. (yan)