Masyarakat Sumatera Selatan Serentak Laksanakan Salat Minta Hujan

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Ribuan masyarakat di Sumatera Selatan melaksanakan salat minta hujan atau istisqa. Salat khusus ini dilaksanakan di musim kemarau panjang dan kerap terjadi kebakaran lahan.

Salat istisqa digelar di halaman Istana Gubernur Jalan Demang Lebar Daun, Palembang. Salat diawali dengan zikir bersama yang dimulai pada Selasa (27/8/2019) pukul 09.00 WIB.

Jemaah salat terdiri dari pejabat, PNS, TNI, Polri, masyarakat hingga pelajar di Palembang. Salat dipimpin ulama asal Masjid Agung Palembang, Ustadz KH Nawawi Dencik.

Gubernur Sumsel, Herman Deru ditemui di sela salat istisqa menyebut peristiwa ini merupakan doa bersama untuk minta hujan. Sebab Bumi Sriwijaya sudah lama kekeringan dan menyebabkan kebakaran lahan.

“Belum cukup 40 hari tidak dikasih hujan saja kita sudah begini. Semua sudah kita kerahkan mengatasi kebakaran lahan di Sumatera Selatan. Sekarang ada ribuan hektare lahan terbakar,” terang Herman Deru.

Salat istisqa, disebut sebagai salah satu upaya berserah diri kepada Allah supaya diberi hujan. Tentu dengan melibatkan ribuan masyarakat untuk doa bersama.

“Hari ini serentak melaksanakan salat istiqsa di semua daerah karena saya melihat kemarau udah cukup panjang. Saya lihat ini harus memohon semua terlibat bupati dan walikota semua ya,” kata Herman Deru.

Dengan salat istiqsa, Herman Deru pun berharap hujan segera turun. Termasuk persoalan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan dapat teratasi. (ran)