Palembang Segera Miliki Pasar Ikan Modern

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Palembang segera miliki pasar ikan modern dengan konsep one stop shooping. kegiatan Ground breaking yang dilaksanakan Rabu (28/8/19), menjadi tahapan pertama pembangunan pasar ikan modern yang dilaksanakan PT Karyatama Saviera.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) Nilanto Perbowo mengatakan, keberadaan pasar ikan modern ini jadi langkah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dalam meningkatkan angka konsumsi ikan per kapita, perbaikan gizi untuk masyarakat Palembang.

“Dengan langkah ini kita berharap kedepan anak- anak di Palembang menjadi lebih gemar mengkonsumsi ikan dan dapat membantu pemerintah dalam menekan angka stanting yang menjadi keprihatinan Presiden saat ini. Karena, dengan membiasakan diri makan ikan, khususnya bagi ibu hamil, dapat membantu menjaga kondisi janin terutama pada masa tiga bulan,” terangnya.

Pasar ikan modern ini dibangun dengan konsep one stop shoping. Dimana, akan ada pasar ikan yang akan menjual berbagai jenis ikan, mulai dari ikan laut, sungai, rawa termasuk ikan dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Kita sudab bangun di Jakarta, belum lama ini Bandung dan sekarang Palembang. Selain akan ada etalase memamerkam produk hasil khususnya ikan, disini juga akan ada restoran khusus olahan makanan berbahan dasar ikan, semuanya tanpa bahan pengawet dan lebih bersih,” ulasnya.

Nilanto menuturkan, pasar ikan modern ini akan benar-benar higienis dan sangat lengkap. Mulai ketersediaan tempat, lahan parkir sampai kebutuhan pengelolaan ikan secara modern.

“Akan ada storage yang sangat besar untuk penyimpaanan stok ikan beku, tempat penampungan ikan segar hidup dan lapak penjualan yang sangat bersih dengan konsep terbuka dan dikontrol,” ulasnya.

Pembangunan pasar ikan modern di Kota Palembang ini harus selesai pada bulan Desember 2019. Dimana, pasar ikan ini harus sudah beroperasional pada awal 2020 mendatang.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Walikota Palembang, yang telah memberikan lahan yang sangat-sangat strategis. Bahkan, di Indonesia lahan Pasar Ikan Modern Palembang lah yang sangat strategis. Kalo di Bandung ada di Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, Jakarta ada di Muara Baru Jakarta Utara yang telah diresmikan,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur PT Karyatama Saviera, Sastra Suganda, menyampaikan sebagai perusahaan lokal yang dipercaya KKP untuk membangun Pasar Ikan Modern ini, akan melaksanakan pekerjaa  dengan cepat namun tetap mengutamakan mutu terbaik.

“Kita harus selesaikan dalam waktu cepat dan mutu sebaik mungkin. Karena waktu kita hanya lima bulan, kontrak 5 Juli 2019, bulan Desember 2019 harus selesai,” ungkapnya.

Saat ini, sambung Sastra progres pembangunan sudah dalam tahapan pemancangan tiang pancang atau 3,561% dan sudah masuk minggu ketiga.

“Idealnya 9%, namun kita kemarin terkendala beberapa persoalam termasuk clear and clean area yang memakan waktu cukup lama,” ulasnya.

Sastra memastikan, pekerjaan akan selesai tepat waktu dan ketertinggalan adapat segera dikejar, mengingat memang ada beberapa pekerjaan sudah dilakukan di workshop.

“Semua pekerjaan kita lakukan dengan tenaga kerja lokal dan semua tenaga kerja adalah tenaga terampil yang sudah disertifikasi,” tandasnya. (hmy)