Ganjar Sebut Darah Politik Gibran Mengalir dari Jokowi

Pelitasumatera.com, SOLO – Langkah Gibran Rakabuming Raka yang ingin terjun ke dunia politik mengejutkan banyak pihak.

Suami Putri Solo 2010, Selvi Ananda, itu selama ini dikenal sebagai pribadi yang pendiam. Bahkan semasa Joko Widodo (Jokowi) menjabat Wali Kota Solo hingga Gubernur DKI Jakarta Gibran tak juga menunjukkan ketertarikannya ke dunia politik.

Namun dalam beberapa hari terakhir, hasrat putra sulung Presiden Jokowi itu muncul. Tak tanggung-tanggung, Gibran menginginkan kursi Wali Kota Solo yang pernah dijabat ayahnya selama dua periode.

Namun sayang, langkah Gibran tak semulus yang diinginkannya. DPC PDIP tak merestui langkah pengusaha muda itu dan lebih memilih pasangan Achmad Purnomo – Teguh Prakosa dalam Pilkada 2020 mendatang.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyebut, darah politik Gibran mengalir dari ayahnya, Presiden Joko Widodo. Apalagi usia Gibran masih sangat muda, sehingga mempunyai kesempatan yang lebih panjang.

“Darah bapaknya sudah kelihatan. Tinggal dilap, dipersiapkan dengan baik gitu, wah jadi nanti,” ujar Ganjar, di Solo, Jumat (27/9).

Menurut Ganjar, tidak bisa dipungkiri, gairah politik Gibran muncul dan terinspirasi dari Jokowi.

“Nggak bisa dipungkiri mas, anak seseorang itu pasti ada gen. Anakku nggak pernah mau politik gitu, begitu nganalisa politik ngono koyo rupaku (seperti wajahku),” katanya.

Sehingga, lanjut dia, Gibran tidak perlu khawatir untuk terjun ke dunia politik. Usia yang masih sangat muda, dikatakannya, lebih baik digunakan terlebih dahulu untuk belajar dan mencari ruang-ruang untuk mematangkan diri.

“Peluang beliau masih banyak, dan darah bapaknya kan sudah kelihatan,” jelasnya lagi. (merdeka)