Sudah Terima Kartu Pra Kerja, Ini Tahapan Selanjutnya

JAKARTA—Setelah  menerima kartu pra kerja tahapan yang harus dilakukan oleh peserta yaitu dapat langsun melakukan pelatihan sesuai keinginan baik secara online dan juga offline.

“Pembayaran nanti menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Kartu Prakerja yaitu kode unik 16 angka. Jadi, bentuk Kartu Prakerja bukan fisik, tetapi yang bisa diakses melalui online”kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers dilansir dari Kompas.com, Senin (13/4/2020).

Ia menambahkan pemerintah juga menyediakan dua bentuk pelatihan. Di antaranya adalah online dan offline. Pemerintah pusat pun bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM untuk membantu memberikan pendampingan pendaftaran.

Selain itu, Dinas di daerah juga akan membantu menyediakan beberapa komputer untuk masyarakat di tempat yang ditentukan oleh pemerintah daerah sehingga dapat mengikuti pendaftaran maupun pelatihan yang akan dipilih.

 

Setelah kondisi normal nantinya, pelatihan tidak hanya akan diadakan secara online, tetapi juga offline atau tatap muka. Penerima Kartu Prakerja juga bisa memilih jenis pelatihan di situs Mitra Platform Digital seperti Skill Academy:

  1. Paket pelatihan ojek online
  2. Sukses kerja sampingan di masa corona (jualan masker kain, jualan di instagram, dan lain-lain)
  3. Mahir berbahasa Inggris
  4. Teknik lamar kerja di masa corona

    5. Sukses kembangkan UMKM hingga kebanjiran order

Sementara paket pelatihan untuk Program Kartu Prakerja yang ditawarkan oleh Kemnaker di antaranya:

  1. Pelatihan rias pengantin
  2. Belajar membuat game
  3. Pelatihan resepsionis
  4. Junior desain grafis
  5. Copywriter