Wuhan Kembali Mencekam, 1.290 Orang Meninggal Akibat Covid19

WUHAN–Wuhan, China kembali mencekam, dilaporkan 1.290 orang positif viruscorona (Covid19).

Diketahui Pemerintah Kota Wuhan pada Jumat (17/4) melaporkan angka kematian sebanyak 1.290 pasien atau naik 50 persen sehingga totalnya mencapai  3.869 kasus. Mereka juga menambahkan 325 kasus baru Covid-19 sehingga jumlahnya menjadi 50.333.

Sebelumnya China melaporkan pertambahan kasus dan kematian baru negara itu berjalan lambat dalam sebulan belakangan.

Bahkan pada Selasa (7/4) China melaporkan nol kematian baru akibat virus corona untuk kali pertama sejak negara itu melaporkan data pada Januari lalu.

Dalam sebuah pemberitahuan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Epidemi Wuhan mengungkapkan empat alasan mengapa terjadi perbedaan data sehingga revisi mesti dilakukan.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia dari Xinhua,  alasan pertama yakni karena jumlah pasien yang melonjak pada tahap awal epidemi sehingga membuat petugas medis kewalahan dan terjadi keterlambatan pelaporan. Selain itu ada beberapa pasien meninggal di rumah tanpa dirawat di rumah sakit.

“Selama puncak upaya perawatan, rumah sakit beroperasi melebihi kapasitas dan staf medis sibuk menyelamatkan dan merawat pasien sehingga menyebabkan keterlambatan pelaporan, terlewat dan keliru,” bunyi alasan kedua revisi.