Dosen di Purwokerto Menemukan Masker Pendeteksi Covid19

Penemuan alat bantu penyebaran Covid19 berbentuk masker. (Sumber foto. CNN Indonesia.

PURWOKERTO—Bangun Wijayanto dosen perguruan tinggi di Purwokerto, Jawa Tengah ini menemukan alat bantu pendeteksi penyebaran Covid-19 berupa masker.

Dilansir dari Youtube CNN Indonesia, Alat yang berbentuk masker ini dilengkapi alat indikator yang memiliki warna lampu merah,kuning, dan hijau. Pada prinsipnya alat ini tak dapat langsung mendeteksi virus corona. Tapi, dapat membaca data situs resmi milik pemerintah.

Dimana terdapat peta wilayah mana saja yang terpapar Covid19.  Alat ini akan memberikan sinyal sesuai peta penyebarannya.

“Masker ini akan membaca wilayah mana saja yang terdapat ODP, PDP, dan Positif Covid19,” ujar Bangun Wijayanto, Selasa (20/4/2020).

Lebih lanjut, cara penggunaanya user akan berkomunikasi lewat telegram dengan memberikan posisi user tersebut berada dimana dan servernya akan memberika sinyal lewat lampu indikator tersebut apakah wilayah tersebut aman atau berbahaya.

Alat bantu baca peta penyebaran covid19 rencananya tidak hanya akan dipasang melalui masker. Tapi juga akan dipasang di motor dan mobil.