Takut Dilarang Mudik 27 ribu kendaraan keluar Jakarta

(Sumber CNN Indonesia)

PALEMBANG–Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat ada 27 ribu kendaraan keluar Jakarta via tol Cikarang Utama dalam sehari, hal ini diduga dampak dari pemberlakuan larangan mudik oleh pemerintah belum lama ini.

“Tanggal 23 (tercatat kendaraan melintas sebanyak) 27 ribu,” kata Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomi Yogo kepada wartawan dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (24/4/2020).

Ditlantas Polda Metro Jaya mulai melakukan penyekatan di Gerbang Tol Bitung, Tangerang dan Gerbang Tol Cikarang Barat, Bekasi sejak Jumat (24/4) pukul 00.00 WIB.

Penyekatan sendiri dilakukan hingga pukul 05.00 WIB, sebanyak 1.181 kendaraan diminta putar balik ke wilayah Jabodetabek. Rinciannya, 498 kendaraan di gerbang tol Bitung dan 683 kendaraan di gerbang tol Cikarang.

Di hari pertama pemberlakukan larangan mudik, arus lalu lintas di ruas Tol Jagorawi relatif sepi. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Bogor dan Ciawi pun terpantau lancar.

Sepanjang jalan juga tidak terlihat ada pos titik pemeriksaan ataupun petugas yang berjaga di ruas Tol Jagorawi.

Kendaraan dari arah Jakarta yang masuk melalui Tol Lingkar Luar juga tak dialihkan ke Tol Cawang sebagaimana informasi yang beredar sebelumnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya memutuskan untuk melarang mudik lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Pelarangan mudik ini untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.