Data yang Berkualitas dan Mudah Diakses Wujud Implementasi SDI

0

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel H Achmad Rizwan SSTP, MM, membuka workshop kerjasama antara Dinas Kominfo Provinsi Sumsel dengan Lintasarta bertema “Teknologi sebagai Penunjang Satu Data Indonesia” di Hotel Aston Palembang, Senin (29/11/2021).

HD melalu Rizwan mengatakan, guna menuju Satu Data Indonesia (SDI) , Pemprov Sumsel telah menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Satu Data (SIMATA) Sumsel yang digagas oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru dan telah di launching sejak 2020 lalu.

Tersedianya data berkualitas yaitu akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagikan serta mudah di pakai antar instansi baik pusat maupun daerah sebagai wujud nyata implementasi kebijakan Satu Data Indonesia.

Diharapkan dapat digunakan dalam mengelola sumber daya secara efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Menuju Satu Data Indonesia dibutuhkan pembangunan menyeluruh dan berkesinambungan seperti jaringan internet yang stabil, ketersediaan data center yang mumpuni dan keamanan siber yang kuat, sehingga kolaborasi menjadi kunci mewujudkan Satu Data Indonesia,” ungkapnya.

Lanjut Rizwan, dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terintegrasi di seluruh wilayah Sumsel juga perlu diselaraskan baik di provinsi maupun kabupaten/kota sesuai kewenangan.

Seperti di pemerintah provinsi SPBE berbeda dengan kabupaten/kota kemudian bagaimana implementasi dan cara penerapan SPBE yang dilakukan di kabupaten/kota.

Marketing and Solutions Director Lintasarta, Ginandjar mengharapkan workshop ini menjadi wadah diskusi sehingga problem apa saja yang dihadapi di  Sumsel  dapat dibahas bersama.

Seperti apakah infrastruktur yang belum memadai atau yang lainnya. Manfaatkan workshop ini untuk memahami apa saja yang ada di digital ini untuk pemerintah.

Turut hadir Senior VP  Lintasarta wilayah Sumatera, Zulfahmi, VP Lintasarta Wilayah Palembang, M. Adhar Rani, para kepala OPD Prov Sumsel dan para Kadis  Kominfo kabupaten/kota di Sumsel.