BMKG: Warga Sumsel Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir

Ilustrasi (Foto: Ist)

Palembang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan mengeluarkan peringatan dini untuk warga Sumatera Selatan agar mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang, Senin.

Cuaca tersebut diperkirakan berdurasi singkat pada siang – malam hari di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Musi Rawas, Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Sementara pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah OKI, OKU, OKU Selatan, Banyuasin, Musi Banyuasin, Lahat dan Muara Enim.

Sedangkan, wilayah berpotensi hujan ringan di wilayah OKU Timur, Musi Rawas, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Palembang, dan Ogan Ilir.

Pada malam hari diprakirakan berawan, berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah OKU Timur, Muara Enim, Musi Rawas, Lahat, Pagar Alam, Palembang, Ogan Ilir, OKI dan PALI. Sedangkan, yang berpotensi hujan ringan di wilayah OKU Selatan dan Musi Banyuasin.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan dan udara berkabut hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Muara Enim.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 °C, kelembapan udara 55 persen – 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 20 – 32 °C, kelembapan udara 60 persen – 100 persen.

Angin dari Barat Laut – Timur dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter, di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 meter. Cuaca diprakirakan berawan tebal hingga hujan ringan, arah angin dari Timur – Barat dengan kecepatan 5 – 25 km/jam. (Ant)