BMKG Berikan Peringatan untuk Sumsel, Waspadai Potensi Hujan Lebat

Ilustrasi (Foto: Ist)

PALEMBANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan menungkapkan adanya potensi hujan lebat pada dini hari di sejumlah kabupaten/kota..

Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, Muara Enim, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir. Namun terdapat juga wilayah yang berpotensi hujan ringan pada dini hari yakni di Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Sementara pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan sedang di wilayah OKI dan Musi Banyuasin. Kemudian yang berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin, PALI, Muara Enim, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang di wilayah Lahat dan OKU Selatan. Sedangkan potensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas Utara, Pagar Alam, Muara Enim, OKU, OKI dan Palembang.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan, hingga berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Muara Enim, OKU, PALI, Musi Banyuasin dan Prabumulih. Sedangkan, yang berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas, Lahat, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir dan Banyuasin.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 °C, kelembapan udara 60 persen – 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 32 °C, kelembapan udara 60 persen – 100 persen. Angin dari Tenggara – Barat dengan kecepatan 5 – 20 km/jam. (Ant)