Polisi Antisipasi Copet dan Pungli di Pasar Tradisional

Pasar Palimo (Foto: Ist)

Palembang – Polrestabes Palembang meningkatkan operasi premanisme di pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Operasi ini untuk mengantisipasi aksi copet dan pungutan liar (pungli).

“Kami gencarkan operasi premanisme untuk mengantisipasi copet, pungutan liar (pungli) dan tindak kejahatan lainnya di kawasan pasar tradisional,” kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib.

Dia menjelaskan, menghadapi lebaran aktivitas masyarakat termasuk belanja ke pasar tradisional mengalami peningkatan. Untuk itu, petugas diperintahkan melakukan berbagai tindakan penegakan hukum untuk menutup celah pelaku kejahatan beraksi di tengah keramaian di pasar tradisional.

Selain itu petugas juga diperintahkan melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak menggunakan perhiasan berharga saat berbelanja berbagai kebutuhan lebaran agar tidak menjadi sasaran pelaku kejahatan seperti pencopetan.

“Menggunakan perhiasan berharga di saat berbelanja di pasar tradisional maupun mal bisa menarik perhatian banyak orang termasuk pelaku kejahatan,” ujarnya.