Pemprov Sumsel Siapkan 12 Bus Mudik Gratis Antar Kabupaten, Berikut Rute dan Cara Daftarnya

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyediakan bus untuk mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan tujuan antar Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Kita sediakan 12 bus untuk masyarakat yang ingin mudik, antar Kabupaten/Kota di Sumsel,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Arinarsa JS, Senin (25/4/2022).

Menurutnya, akan ada ratusan pemudik yang rencananya akan diberangkatkan pada H-3 atau 29 April mendatang. Untuk titik pemberangkatannya dari dari Terminal Tipe A Alang-Alang Lebar (AAL).

Ia menjelaskan, untuk pendaftarannya bisa melalui barcode yang disiapkan di media sosial Dishub Sumsel. Ketika klik, peminatnya akan diarahkan mengisi data email, daerah tujuan mudik, jumlah yang berangkat, sertifikat vaksin, nomor handphone dan identitas diri. Dari web tersebut, satu pendaftar bisa mengajak serta maksimal empat orang untuk mudik.

Untuk rute yang disiapkan yaitu Palembang – Tanjung Api-Api (TAA) dan Palembang – Prabumulih – Muara Enim – Lahat – Pagar Alam – Empat Lawang. Kemudian rute Palembang – OKU – OKU Timur- OKU Selatan dan tujuan Palembang – Sekayu – Musi Rawas – Lubuk Linggau – Muratara.

“Pendaftaran juga bisa secara manual di Kantor Dishub Sumsel di jalan Kapten A Rivai. Untuk mengakomodir mereka yang tak bisa mendaftar dengan barcode,” katanya

Menurutnya, mudik gratis ini merupakan program inisiasi dari Gubernur Sumsel. Agar mudik tahun ini lancar dan selamat sampai tujuan. Lalu untuk masyarakat yang ingin mudik, harus memenuhi syarat yaitu sudah divaksin.

Untuk usia diatas 18 tahun sampai vaksin booster atau vaksin ketiga. Atau yang belum vaksin bisa juga melampirkam surat negatif Covid-19. Untuk yang sudah vaksin tapi belum booster bisa menggunakan surat antigen, tapi kalau yang baru dosis satu melampirkan PCR.
Pendaftaran mudik gratis ini akan berakhir sehari sebelum keberangkatan atau 28 April mendatang. Jadwal keberangkatan akan dilakukan pagi, pukul 08.30 WIB di Terminal AAL. Direncanakan, mudik gratis ini akan dilepas secara langsung oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru.