HD: Resmikan Pojok Baca Danau Shuji, Paduan Wisata Alam Sekaligus Literasi Menambah Wawasan

Muara Enim – Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan Pojok Baca “Percha Leanpuri” Danau Shuji dan launching MEDALI (Muara Enim Media Library) serta storytelling (mendongeng) dengan tema “Kita Tingkatkan Budaya Baca Masyarakat Muara Enim” di Kabupaten Muara Enim, Sabtu (4/6/2022).

HD berharap Pojok Baca ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Disamping itu, HD mengarahkan agar pojok baca dapat menyediakan bacaan yang disesuikan dengan segmen usia dan tingkat kemanfaatannya bagi banyak kalangan.

“Tidak ada manusia hebat tanpa literasi. Manfaatkan ini dengan baik, maka manfaatkanlah tempat ini sebaik mungkin,” ujarnya.

HD katakan Pemerintah sangat peduli dalm menyiapkan tempat untuk mendukung kegiatan literasi bahkan hal ini juga dapat didukung oleh pihak-pihak yang berkemampuan.

Plh. Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP, MSi, menjelaskan Dinas kearsipan Muara Enim menyediakan MEDALI untuk mempermudah layanan perpustakaan kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan indeks pembangunan literasi dan kemauan membaca masyarakat Muara Enim.

Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva HD katakan adanya pojok baca di Danau Shuji, untuk menyesuaikan literasi sebagai gaya hidup. Karena sebenarnya kita dapat berekreasi sambil membaca di pojok baca.

“Pemberian nama pojok baca Percha Leanpuri ini diberikan oleh pengelola Danau Shuji sebagai legacy dari ibu Percha Leanpuri yang saat itu menginsiasi pendirian pojok baca yang ternyata disambut antusiasme masyarakat sehingga ini diteruskan,” katanya.

Leriva berharap ini menjadi trend center di Sumsel, karena baru ada dua tempat wisata yang meiliki pojok baca yaitu Monpera dan Danau Shuji. Ia berharap ini dapat diikuti kab/kota se-Sumsel dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengukuhan bunda literasi Muara Enim yang juga Plh Ketua TP PKK Muara Enim, Nurmala Sari Kurniawan, oleh Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva HD.