UKW Lahirkan Jurnalis Berkualitas dan Profesional

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, H Achmad Rizwan, S.STP., MM dan didampingi Ketua PWI Sumsel H. Firdaus Komar, membuka Kegiatan Uji kompetensi Wartawan (UKW) Angjatan ke-37 PWI Provinsi Sumatera Selatan, berjasama dengan SKK MIGAS dan KKKS di Beston Hotel Palembang, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Dengan Uji Kompetensi Mewujudkan Wartawan Beretika, Profesional dan Berwawasan”. Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan secara simbolis dari Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru berupa Laptop kepada PWI Sumsel.

Rizwan menyampaikan digelarnya UKW ini, membuktikan bahwa Organisasi Perusahaan Media Maupun Organisasi Profesi Wartawan terus memberikan pembinaan terhadap para wartawannya agar senantiasa berbuat dan bertindak senantiasa mengedepankan profesionalitas sesuai dengan kompetensi nya sebagai mitra pemerintah sekaligus sumber informasi edukasi bagi masyarakat.

“Melalui Uji Kompetensi Wartawan ini, saya mengharapkan akan lahir para jurnalis yang berkualitas dan profesional yang nantinya juga berimbas pada terjaganya  harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual. Disamping itu Uji Kompetensi Wartawan ini juga merupakan upaya yang bijak guna menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan” ujar Rizwan

Rizwan juga mengajak para wartawan untuk ikut serta mensukseskan Event Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke VI di Sumatera Selatan yang dimulai tanggal 1-7 Juli 2022.

Ketua PWI Pusat diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan H. Ocktap Riady,SH juga menyampaikan UKW merupakan hal yang sangat penting karena wartawan tetap selalu berhati-hati dalam membuat berita karena banyak juga wartawan yang saat ini terkena pidana karena berita yang dibuatnya.