Polda Sumsel – Parpol Bangun Sinergi Sukseskan Pemilu 2024

Palembang – Kepolisian Daerah Sumatera Selatan membangun sinergi dengan penyelenggara pemilu dan partai politik untuk menyukseskan serta menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan kondusif.

“Untuk menyukseskan Pemilu 2024 membutuhkan dukungan semua pihak dan lapisan masyarakat sehingga sinergi perlu diperkuat,” kata Wakil Direktur Intelkam Polda Sumsel AKBP Dwi Mulyanto pada acara diskusi “Seputar Pemilu 2024”.

Menurut dia, untuk menyukseskan Pemilu 2024, maka semua pihak harus mampu menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

Masyarakat Sumatera Selatan yang tersebar di 17 kabupaten/kota, katanya, selama ini mampu menjaga kondisi kamtibmas yang kondusif. Kondisi ini diharapkan dapat terus dipertahankan.

“Kondisi kamtibmas tidak mungkin mampu terjaga dengan baik oleh personel Polda Sumsel dan jajaran yang jumlahnya terbatas kalau tak ada dukungan semua pihak,” katanya.

Oleh karena itu, melalui sinergisitas dengan penyelenggara Pemilu dan 18 parpol bisa membangun kesadaran berpolitik yang baik sehingga pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu bisa berlangsung aman, tertib, dan lancar.

Penyelenggara Pemilu 2024, seperti KPU, Bawaslu, dan pengurus parpol di Sumsel bersama jajaran di 17 kabupaten/kota terus membangun kesadaran politik masyarakat, katanya.

Dengan menjaga kondisi kamtibmas tetap kondusif dan membangun kesadaran berpolitik masyarakat menghadapi Pemilu 2024, katanya, maka pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu bisa berlangsung sukses sesuai harapan bersama.

Dia menjelaskan persiapan Pemilu 2024 diharapkan berjalan sesuai tahapan di mana KPU sudah mengeluarkan hasil verifikasi administrasi partai politik. Sebanyak 18 partai politik sudah lolos verifikasi administrasi, bahkan kegiatan politik di Sumsel sudah mulai meningkat.

Oleh karena itu, paparnya, Polda Sumsel melalui Direktorat Intelkam telah menyiapkan upaya dan strategi dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.