HUT PWI ke 77, HD Tekankan Profesionalitas Wartawan

Lubuk Linggau – Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru saat menghadiri hari Puncak Peringatan  HUT PWI ke-77/HPN tahun 2023 yang di pusatkan di Kota Lubuk Linggau. Dihadiri oleh anggota PWI se Sumatera Selatan bertempat di Grand Zury, Kota Lubuk Linggau, Sabtu (5/8/2023).

“Betapa penting peran pers dalam mendukung pembangunan provinsi Sumatera Selatan. Mulai dari saya menjabat sebagai bupati, selalu menyempatkan hadir di setiap HUT PWI.  Hal tersebut menunjukkan bahwa kita harus menjaga hubungan baik dengan para wartawan” ujar HD.

Dilanjutkannya Senioritas PWI sudah teruji selama 77 Tahun. Hal yang terpenting saat ini adalah menjaga eksistensi dan nama baik wartawan.

“Setiap orang bisa menjadi wartawan apa saja. Wartawan olahraga, pendidikan, kesehatan , kuliner. Berita didapat darimana saja, apalagi berira online  dapat diterima dimana saja, secara realtime.  Namun keberadaan PWI tetap berdiri kokoh di tempatnya dengan selalu menjaga eksistensi dan nama baik wartawan. Fikternya ya dengan UKW” tambah HD.

Untuk itu HD  menegaskan agar PWI Sumsel memasifkan pelaksanaan  Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan. Karena, UKW  sebagai barrier dalam melaksanakan kerja jurnalis.

“Saya minta agar Pemerintah Kabupaten/Kota mendorong membantu PWI merekruitmen insan pers dalam mengikuti UKW agar swmakin memahami doktrin wartawan yang independen mnjaga kualitas, menjaga kebebasan pendapat dalam menyebarkan informasi  tanpa melewati batas” tutup HD.