Sekda Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Muaro Jambi

MUARO JAMBI – Senin (14/08/23). Suasana khidmat menyelimuti Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Ruang Pola Nang Inang Kantor Bupati Muaro Jambi.

Sebanyak 32 orang Paskibraka yang berasal dari berbagai SMA sederajat di Kabupaten Muaro Jambi, dikukuhkan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono., S.Sos., MT. yang disaksikan oleh sejumlah OPD dilingkup Pemkab Muaro Jambi, serta para keluarga dan orang tua dari paskibraka.

M. Luthfy Baihaqi mewakili seluruh anggota Paskibraka Kabupaten Muaro Jambi yang dilantik, memegang hingga mencium bendera merah putih dalam prosesi pengukuhan yang dipimpin secara langsung oleh Sekda Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono.

Usai prosesi pengukuhan, Sekda Budhi Hartono memberikan ucapan selamat kepada para anggota paskibraka Tahun 2023.

“Selamat anak-anakku. Kalian adalah putra terbaik Muaro Jambi yang terpilih setelah melewati berbagai rangkaian proses. Ini membuktikan kalian miliki keunggulan fisik, mental, moral, juga kedisiplinan. Ini harus kalian pertahankan,” ujar Sekda Budhi Hartono.

Juga dalam sambutannya mengatakan sebagai bagian dari generasi muda bangsa Indonesia yang merupakan kader bangsa dan sumber insani pembangunan nasional di masa depan adik-adikku anggota Paskibraka harus menjadi pelopor dan garda terdepan dalam menangkal setiap peristiwa dan kejadian yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara serta ikut memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mewujudkan hal yang demikian adik-adikku harus menjadi contoh dan yang baik dalam hidup dan kehidupannya sehari-hari baik di lingkungan keluarga sekolah maupun di lingkungan masyarakat luas.

Lanjutnya, “Yang tak kalah pentingnya adalah tanamkan pada diri adik-adik semangat rela berkorban memiliki jiwa yang tangguh dan pantang menyerah memiliki pola pikir dan wawasan kebangsaan dan dalam menghadapi setiap rongrongan dan hasutan yang ingin memecah belah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” sebutnya.

Terakhir Sekda Kabupaten Muaro Jambi menyampaikan pesan “Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa percaya diri, saya memahami bahwa tugas yang adik-adik membantu sangatlah berat tetapi ini merupakan suatu tugas yang sangat terhormat dan mulia sebagai pengibar dan penurun duplikat bendera pusaka dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tanggal 17 Agustus 2023 di Kabupaten Muaro Jambi. Semoga kegiatan kita pada saat penaikan dan penurunan bendera pusaka dapat berjalan dengan lancar”, harap Sekda Budhi Hartono. Terakhir acara dilanjutkan dengan salam ucapan selamat, dan sesi foto bersama.