Tim Percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Banyuasin Terus Bergerak

Pangkalan Balai – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk menekan angka stunting. Salah satunya dengan menggelar rapat evaluasi rutin semester 2 untuk mengetahui perkembangan berbagai program percepatan penurunan stunting yang dilakukan oleh tim percepatan penurunan stunting. Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Banyuasin, Kamis (30/11).

Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH diwakili Sekretaris Daerah Ir. Erwin Ibrahim ST.,MM.,MBA.,IPU.,ASEAN Eng dalam arahannya menyampaikan dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Banyuasin kita harus bekerja bersama-sama, bahu membahu, gotong royong yang melibatkan seluruh OPD untuk membantu menurunkan angka stunting. Bukan hanya memperhatikan gizi, asupan makanan ketika hamil dan setelah melahirkan tetapi harus kita perhatikan kondisi indeks air bersih, udara, tempat tinggal. Kita sebagai Pemerintah harus mengetahui indikator lainnya penyebab dan cara mengatasi agar angka stunting bisa turun.

“Satu digit angka memiliki makna sebagai simbol keberlanjutan untuk terus gencar melakukan intervensi dan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat terus mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, selain itu agar masyarakat dapat terus saling mengingatkan dan saling peduli terhadap sesama sehingga angka stunting dapat terus turun. Pada tahun 2022 angka stunting 24,8 persen dan ditahun 2023 24,4 persen,” jelas Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas DP2PAP2KB Dra. Hj. Yosi Zartini, MM menjelaskan tugas dan peran dari Dinas DP2PAP2KB untuk melakukan pemantauan layanan pencegahan stunting sebelum terjadinya stunting. Sekaligus berperan dalam dalam memastikan setiap kelompok sasaran cegah stunting hingga kepelosok desa. DP2PAP2KB mempunyai program baru yaitu bapak asuh anak stunting minimal 2 anak dalam 1 hari Rp. 15 ribu kalau 1 bulan Rp. 450 ribu selama 6 bulan program ini untuk dijalankan oleh Pak Pj Bupati Banyuasin dan para Kepala OPD.