Pemkab Banyuasin Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an Ramadhan 1445 H

Pangkalan Balai – Memasuki hari ke-17 Ramadan 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelar peringatan Nuzulul Qur’an sekaligus tarawih keliling bersama dengan jajaran Perangkat Daerah dan Forkopimda, dan Masyarakat yang ada di Banyuasin di Masjid Agung Al-Amir Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin Kamis (28/3/2024).

Agenda rutin yang digelar setiap tahunnya ini, merupakan salah satu dari rangkaian Safari Ramadhan Pemkab Banyuasin yang dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam, SH bersama Sekretaris Daerah Banyuasin, Ir. Erwin Ibrahim ST MM MBA IPU Asean Eng, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejumlah Kepala Perangkat Daerah (KPD) hingga Ketua FKPD Banyuasin.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan, Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa suci dimana pada waktu itu umat Muslim mendapat karunia dengan turunnya Al-Qur’an sebagai wahyu dan petunjuk bagi manusia. Olehnya itu, kata dia pada kesempatan Ramadhan haruslah dijadikan sebagai batu loncatan untuk lebih memahami dan menjalankan setiap amalan yang termaktub dalam Al-Qur’an.

“Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia,” katanya.

Dirinya menambahkan, Nuzulul Quran juga merupakan momentum bersama dalam meningkatkan kualitas pemahaman alquran, dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari hari.

“Dalam Al-Qur’an juga berisi tentang kewajiban manusia untuk menjaga silaturrahmi seperti yang perlu diterapkan, sehingga kita menjadi umat yang bertaqwa,” pungkasnya.