Parkir di Jalan Merdeka Ditertibkan

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemkot Palembang akan segera melakukan penataan parkir di Jalan Merdeka. Ini dilakukan, karena saat ini Jalan Merdeka sudah mulai semrawut karena banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan.

Hal ini terungkap dalam rapat yang digelar di Ruang Rapat II Setda Kota Palembang, Rabu (17/7).

“Hari ini (kemarin, red) kita akan menyosialisasikan penataan parkir di sekitar Jalan Merdeka, khususnya wilayah kantor wali kota. Kita ingin di sekitar Jalan Merdeka nanti bersih dari kendaraan parkir,” kata Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Palembang, Zuryati.

Ia menambahkan, para perwakilan OPD terkait yang mengikuti rapat akan melaporkan kepada pimpinan masing-masing terkait hasil rapat untuk ditindakkanjuti. Zuryati mengatakan, penataan parkir ini akan mulai dilaksanakan setelah adanya sosialisasi.

“Nanti kita siapkan kantong parkir di beberapa tempat dan kita sosialisasikan. Selanjutnya, pada 22 Juli nanti, akan dilakukan uji coba. Kemudian, pada 29 Juli kita evaluasi, dan barulah di 1 Agustus nanti kita laksanakan aturan itu. Kita libatkan Dishub, Pol PP, dan kepolisian,” beber dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Keselamatan Transportasi dan Perhubungan, Zulkipli menjelaskan, pemerintah menyiapkan shuttle bus untuk mendukung penataan parkir di sekitar Jalan Merdeka .

“Bus ini untuk memudahkan pegawai yang bekerja di sekitar kantor wali kota ataupun tamu yang akan hadir berkunjung, ” ujar Zulkipli.

Ia menyatakan pihaknya tidak akan sungkan memberikan sanksi tegas bagi siapa saja yang masih melanggar aturan terkait parkir tersebut.

“Kita akan adakan uji coba selama 1 minggu, kita adakan evaluasi. Nanti jika masih ada yang melanggar, akan kita tilang dan bahkan mungkin kendaraannya bisa diderek,” tegas dia. (yan)