Dari Pedagang Buah Menjadi Legislator

0

Pelitasumatera.com, KAYUAGUNG – Siapa saja dapat menjadi wakil rakyat, tidak harus berlatar belakang sebagai tokoh politik ataupun aktifis, seorang pedagang buah pun dapat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), jika dipercaya oleh rakyat.

Hal ini disampaikan oleh, Irawansyah anggota DPRD OKI terpilih dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) daerah pemilihan II (Dapil 2), Rabu (18/9/2019).

Lebih lanjut diceritakannya, sebelumnya Ia tidak pernah berpikir untuk menjadi wakil rakyat, namun berkat dukungan maupun dorongan dari masyarakat dan keluarga, Ia akhirnya mecalonkan diri sebagai anggota Dewan.

“Alhamdulillah perjuangan dan dukungan tersebut membuahkan hasil, sehingga saya dapat dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten OKI,” katanya.

Dikatakan, sebelum dilantik menjadi anggota DPRD OKI, Ia berprofesi sebagai pedagang buah atau agen buah lokal hingga luar.

Seperti contoh membeli buah lokal di OKI seperti duku, durian dan sebagainya kemudian menjualnya kembali ke lapak buah yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

“Usaha ini saya lakonin kurang lebih selama 13 tahun hingga terus berkembang dan telah memiliki lapak sendiri di pasar buah Cibitung Jakarta dan di pasar buah Jakabaring Palembang,” jelasnya.

Sebagai wakil rakyat dirinya siap menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat selama  duduk di DPRD OKI, Ia siap bekerja ekstra demi kepentingan rakyat dan daerah, disamping tiga tugas pokok anggota dewan, yakni pengawasan, pembahasan dan perancangan.

”Memang membangun sebuah daerah tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi bila kita gigih dan serius, Insyaallah akan berhasil,” katanya serius.

Dirinya mengaku siap dikritik oleh masyarakat dan media masa atas kinerjanya sebagai anggota dewan bila tidak sesuai dengan keinginan rakyat.

Sebagai manusia biasa, ia meminta dukungan berbagai pihak untuk menyumbangkan saran dan pikiran serta dukungan lain demi kemajuan Kabupaten OKI khususnya wilayah Dapil II.

“Pengalaman berkampanye di lapangan memberikan saya banyak pengetahuan, terutama kondisi masyarakat di lapangan. Hal ini membuat saya semakin membulatkan tekad untuk membantu masyarakat kecil lewat peran sebagai wakil rakyat,” jelasnya.

Irawansyah berkomitmen siap memperjuangkan aspirasi masyarakat yang telah mendukungnya, meski harus berhadapan dengan pihak mana pun yang membuat kebijakan memberatkan masyarakat kecil.

“Meski saya baru dalam dunia politik, perjalanan hidup yang saya lalui banyak memberikan pelajaran yang bermanfaat sehingga menjadi modal dasar dalam menjalan tugas di parlemen nanti.”

“InsyaAllah kepentingan masyarakat paling utama di parlemen. Saya tetap berpihak kepada rakyat kecil, terutama para pedagang kecil, saya tidak akan berubah,” ujarnya. (leo)