Cegah Virus Menular, Pemkot Palembang Datangi Pasar Burung Palembang

Suasana pasar burung Palembang (Foto: Ist)

PALEMBANG – Merebaknya virus Corona kini sudah menjadi perhatian dunia. Sebagai langkah antisipasi pencegahan, virus berbahaya lainnya, akan memastikan kondisi hewan-hewan yang diperdagangkan di pasar burung Kota Palembang, dalam kondisi sehat.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, pihaknya akan turun ke lapangan guna sosialisasi dan mengecek hewan-hewan yang di jual belikan mulai dari vaksinasi, kebersihan dan mendeteksi apakah mereka memiliki indikasi virus menular yang berbahaya.

“Seperti yang disampaikan dokter hewan, bahwa jangan sampai virusnya saja di basmi namun sumbernya juga harus di basmi dan menjadi kontrol pemerintah kota Palembang. Insya allah kita akan segera turun mengecek kondisi pasar hewan di Palembang,” ujarnya usia rapat siaga dan antisipasi pencegahan virus Corona, Rabu (5/2/2020).

Fitri menyebutkan, penyebaran virus Corona ini sangat cepat terjadi bahkan telah menyebar ke 23 negara, apalagi penyebaran akan lebih mudah melalui udara.

“Tapi mungkin asal muasalnya bisa dari makanan, dari hewan. Sepertinya secara gejala hampir sama dengan flu biasa, namun apabila selama masa inkubasinya terkena virus corona, tentu penanganannya lebih ekstrim lagi,” jelasnya.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, Nur Purwoko menjelaskan, tata laksana penanganan bagi manusia yang terpapar virus menular seperti laiknya virus Corona, memang diperlukan perlakukan khusus.

Selain harus ditempatkan atau dirawat di ruangan isolasi, hasil pengecekan atau sampel harus dikirim ke Badan Pengembangan Penelitian Kemenkes di Jakarta.

“Semua jenis virus menular apapun sampelnya harus dibawa kesana. Selama itu pula si penderita yang terindikasi terpapar virus harus tetap dalam perawatan serta harus dibatasi ruang kontaknya (orang disekitar),” ujarnya.

Nur memastikan, agar masyarakat tak perlu khawatir dalam mengantisipasi virus-virus menularkan, asalkan menerapkan PHBS, seperti cuci tangan pakai sabun, dan ketika berada ditempat ramai atau beraktifitas menggunakan masker. (hmy)