90 TKL Muba Ikuti Tes Tertulis Rekrutmen Pertamina

0

SEKAYU – Komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memprioritaskan penyerapan Tenaga Kerja Lokal (TKL) di perusahaan-perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Muba tidak main-main.

Melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Pemkab Muba secara terbuka telah melaksanakan rekrutmen Tenaga Kerja Jasa Penunjang pada Wilayah Kerja PT Pertamina EP Asset 1 Ramba Field

“Kami Pemkab Muba mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Pertamina EP Asset 1 Ramba Field, yang memberikan peluang pekerjaan dengan memanfaatkan SDM di Muba,”ucap Sekda Muba Drs H Apriyadi Msi saat membuka Seleksi Tertulis Rekrutmen Tenaga Kerja Jasa Penunjang pada Wilayah Kerja PT Pertamina EP Asset 1 Ramba Field di Aula Wisma Atlet Sekayu, Senin (15/3/2021).

Sekda menilai perusahaan sudah komitmen memenuhi kebutuhan masyarakat Muba yakni pekerjaan, dan memenuhi Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang pemberian kesempatan kerja bagi pencari kerja yang berasal dari Muba untuk bekerja di perusahaan yang berinvestasi di Muba.

Apriyadi menegaskan, agar proses rekrutmen TKL ini tidak terjadi nepotisme/KKN. Karena akan merusak kepercayaan dari perusahan, siapa yang terbaik, memenuhi kualifikasi dan kompetensi itulah yang berhak lulus.

“Kami yakinkan semua yang ikut tes memang asli tenaga lokal dan mempunyai KTP di Muba. Inilah bentuk komitmen Pemkab Muba, dan kedepan akan ada lagi perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Muba memberi kesempatan peluang tenaga lokal,”ucapnya.

Kepala Disnakertrans Muba, H Mursalin SE MM melaporkan kegiatan dilakukan untuk memberi kesempatan yang luas kepada masyarakat Muba mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai syarat yang ditentukan perusahaan dan diimbangi kemampuan yang dimiliki pencari kerja warga Muba.

“Tujuan dilaksanakan rekrutmen ini untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Muba dan meningkatkan kemampuan ekonomi masyrakat Muba,”paparnya.

Mursalin menjelaskan, waktu pelaksanaan rekrutmen yaitu, seleksi admininistrasi pada tanggal 1 – 8 Maret 2021, tes tertulis belangsung hari ini pada tanggal 15 Maret 2021 dan wawancara pada tanggal 17 Maret.

Jumlah pelamar sebanyak 416, yang lulus seleksi administrasi berjumlah 90 orang, dengan rincian lulusan S1 berjumlah 6 orang, D3 berjumlah 7 orang dan lulusan SMA sebanyak 77 orang. Jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 30 orang untuk mengisi 14 jabatan.