Polda Sumsel Optimalkan Patroli Dini Hari Selama Ramadhan

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi (Foto: Ist)

Palembang – Polda Sumsel mengoptimalkan patroli dini hari untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama bulan suci Ramadhan 1443 H/2022 M.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, mengatakan patroli dini hari selama bulan Ramadhan tersebut bekerja sama dengan personel Polrestabes Palembang, aparat TNI dan Satpol-PP.

Sebab berdasarkan pengalaman bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, kata dia, aparat masih kerap menemukan masyarakat untuk kumpul-kumpul atau dikenal dengan istilah “asmara subuh”, ​​​saat malam dini hari hingga menjelang subuh atau setelah jam sahur.

Dalam aktivitas kumpul-kumpul tersebut berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas seperti tawuran ataupun serta tindak kejahatan lain sehingga perlu diawasi.

“Dalam patroli ini setiap aktivitas yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas kami tertibkan,” kata dia.

Menurut Supriadi, secara umum aparat kepolisian pun telah menyiapkan pos-pos pengamanan yang tersebar di beberapa lokasi yang menjadi pusat-pusat keramaian khususnya wilayah rumah ibadah di Kota Palembang maupun seluruh kabupaten/kota lain, untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat menjalankan ibadah.

Kepala Polrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, dalam pelaksanaan patroli kamtibmas tersebut sedikitnya sudah menyiapkan sebanyak 100 orang personel Tim Gabungan Satuan Samapta Presisi, Satuan Lalu Lintas yang dikerahkan mendampingi personel dari Polda Sumsel.

“Patroli yang ditingkatkan ke seluruh wilayah kota itu dilakukan secara berkala setiap harinya,” kata dia.

Menurutnya, tim patroli tersebut berorientasi pada tindakan preemtif dan preventif mengantisipasi adanya tindak kriminalitas, termasuk turut serta melakukan sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat.

“Sudah menjadi komitmen kami aparat kepolisian menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga khusyuk beribadah,” kata dia. (ant)