Pemprov Sumsel Ajak Mahasiswa Pertanian Gaungkan Kemandirian Pangan

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak mahasiswa Fakultas Pertanian untuk menggaungkan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang mendorong masyarakat menyediakan sendiri kebutuhan pangan sehari-hari.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam kegiatan Bina Desa Tingkat Nasional yang dilaksanakan Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia (BEMPI) di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, mengatakan program kemandirian pangan ini terus dimasifkan di 17 kabupaten/kota Sumsel dalam setahun terakhir.

“Para mahasiswa diharapkan juga menjadi ujung tombak program ini, yakni bagaimana mengedukasi warga agar mau memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk bercocok tanam hingga berternak,” kata dia.

Momen ini menjadi kesempatan bagi para mahasiswa pertanian untuk mentransfer ilmu ke warga pedesaan, terutama ke petani di Desa Segamit yang menjadi penghasil padi dan kopi.

Sejauh ini areal kopi di kawasan Semende menjadi yang terluas di Sumsel dengan mencapai 280 hektare sehingga sudah sepatutnya warga setempat lebih sejahtera.

Pada kesempatan itu, Herman Deru mengapresiasi mahasiswa BEMPI yang melakukan pembinaan terhadap petani di Desa Segamit.

Dalam rangkaian Bina Desa Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan BEMPI ini dilakukan panen raya padi varietas lokal dan panen Kopi Desa Semende dengan total produksi 2,5 ton.