Imbang Tanpa Gol di London, Rossoneri ke Perempat Final

London – AC Milan lolos ke perempatfinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 11 tahun. Hasil 0-0 melawan Tottenham Hotspur di leg kedua 16 besar sudah cukup untuk membawa Rossoneri menang agregat 1-0.

Bermain di kandang sendiri, Kamis (9/3/2023) dini hari WIB, ancaman pertama dari Tottenham hadir di menit ke-12. Lewat serangan balik, Emerson Royal menuntaskan umpan silang Dejan Kulusevski, namun bola berhasil diblok Fikayo Tomori.

Milan balas menekan di menit ke-18. Lewat sebuah tendangan bebas di depan kotak penalti, bola dengan cerdik diumpan ke Junior Messias yang bebas di sisi kanan kotak penalti, namun tembakan mendatarnya melebar di sisi kiri gawang Tottenham.

Messias kembali mendapat peluang di menit ke-30. Mendapat celah di luar kotak penalti, ia memilih menembak langsung ketimbang mengumpan kepada Olivier Giroud yang berada di kotak penalti, namun arahnya melenceng jauh dari sasaran.

Harry Kane sempat mengancam dengan tembakan mendatar di menit ke-35, namun bola yang sempat membentur Malick Thiaw lebih dulu kemudian berhasil dihalau kiper Milan, Mike Maignan.

Skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.

Milan berhasil mendapatkan sejumlah peluang bagus di awal babak kedua, namun gagal buerbuah gol. Tendangan mendatar Brahim Diaz di menit ke-51 dihalau kiper Fraser Forster, sedangkan tembakan Rafael Leao tak lama berselang melebar dari target.

Pierre-Emile Hojbjerg hampir menjebol gawang Milan di menit ke-64. Ia mendribel bola masuk kotak penalti kemudian melepaskan tembakan kaki kanan dari sudut sempit, namun Maignan berhasil menepis bola.

Milan balik melancarkan serangan berbahaya di menit ke-67 yang diakhiri dengan satu tendangan dari Giroud, namun Forster berhasil menutup sudut sempit yang menjadi arah tembakan striker Prancis tersebut.

Sundulan Kane di menit ke-68 juga belum berhasil mengubah skor laga ini. Demikian halnya dengan tembakan Leao di menit ke-71 dan tendangan jarak jauh Pedro Porro tak lama berselang.

Saat sedang membutuhkan gol, Tottenham harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-78 usai Cristian Romero diusir wasit karena menekel keras Theo Hernandez. Ia diberi kartu kuning kedua, usai mendapat yang pertama di menit ke-17.

Milan berupaya membunuh laga, namun Tottenham pantang menyerah. Ismael Bennacer melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-87, tetapi berhasil diamankan Forster.

Guyuran hujan di injury time tak membuat tensi laga menurun. Kedua tim masih memiliki peluang emas. Sundulan Kane yang menyambut tendangan bebas Son Heung-min ditepis Maignan, sedangkan tembakan Divock Origi membentur tiang.

Tak ada gol yang tercipta hingga akhir laga. Skor 0-0 mengantar Milan ke perempatfinal Liga Champions dengan agregat 1-0.

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur: Forster, Romero, Lenglet, Davies, Emerson (Richarlison 70′), Skipp, Hojbjerg, Perisic (Porro 53′), Kulusevski (Sanchez 83′), Son Heung-min, Kane.

AC Milan: Maignan, Tomori, Thiaw, Kalulu, Hernandez, Tonali, Krunic, Messias (Saelemaekers 56′), Leao (Rebic 89′), Diaz (Bennacer 81′), Giroud (Origi 81′).