Harga Rumah Bersubsidi di Sumsel Ditaksir Naik Rp7,5 Juta

PALEMBANG – Harga rumah bersubsidi dipastikan naik pada tahun 2023. Besar kenaikan ditaksir 5 persen atau sekitar Rp7,5 juta per unit.

Setelah dilakukan penyesuaian harga, harga rumah subsidi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berkisar Rp158 juta. Sebelumnya berkiasar Rp150,5 juta.

Namun, penetapan harga baru ini masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yang hingga kini belum turun.

Ketua DPD  Real Estate Indonesia (REI) Sumsel, Zewwy Salim, memastikan harga baru rumah bersubsidi. Pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa harga rumah subsidi bakal segera naik, sekitar 5 persen.

Rencana awal, seharusnya kenaikan harga rumah subsidi per Maret 2023 lalu, tapi berhubung aturan Pemerintah belum turun,  kemungkinan kenaikannya awal April ini,” kata Zewwy Salim.

Zewwy Salim mengatakan naiknya harga rumah subsidi bisa mengurangi beban pengembang. Hal ini mengingat biaya operasi yang dikeluarkanpengembang membangun rumah subsidi sudah makin besar.

“Beban kita membengkak di tengah harga bahan bangunan yang terus mengalami kenaikan. Ditambah upah tukang, dan lainnya sementara harga rumah subsidi tetap. Kondisi ini akhirnya mempengaruhi cashflow (dana keluar masuk, red) developer,” papar Zewwy.

Namun memang, lanjut Zewwy, penyesuaian harga akan berdampak pada konsumen, mereka harus membeli rumah subsidi dengan harga lebih mahal.

DP (uang muka) dan angsuran (cicilan) yang dibayar mungkin akan lebih tinggi. Kalau harga naik, bank pun pasti menyesuaikan,” ujarnya.

REI Sumsel sendiri mendapatkan alokasi rumah subsidi sebanyak 17 ribu unit. Peningkatan ini terjadi karena kuota dari pemerintah untuk rumah subsidi secara nasional juga mengalami kenaikan di tahun 2023. Pada tahun 2022 sebanyak 200 ribu unit menjadi 220 ribu unit pada 2023.

“Kami optimis ini dapat terealisasi berkat dukungan seluruh pihak, termasuk perbankan dan stakeholder terkait,” kata Zewwy Salim.

Apalagi, Sumsel mampu meraih kinerja yang baik di tahun lalu.  Bahkan DPD REI Sumsel mendapatkan penghargaan sebagai penyalur rumah  subsidi terbaik se Sumatera dan terbaik di urutan ke-5 secara nasional.