Bupati Banyuasin Resmi Buka PK Online Program Pengembangan Keprofesian Guru PAI

PANGKALAN BALAI – Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH.,MH secara resmi membuka PK Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru PAI di Kabupaten Banyuasin Tahun 2023 yang secara nasional dilangsungkan hari ini diberbagai kota/ kabupaten dan provinsi sesuai dengan jadwal zona yang ditetapkan bertempat di MAN 1 Banyuasin, Rabu (3/5).

Didampingi Sekretaris Daerah, Kadis Diskominfo, Kadis BPBD, Kadis Disdikbud, Kakan Kemenag, Pimpinan Baznas, Camat Banyuasin lll, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel selaku pemantau kegiatan, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyuasin selaku penyelenggara kegiatan, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kasubag Tata Usaha dan Para Kasi, Serta Kepala Madrasah Aliyah Negeri sebagai tuan rumah diselenggarakan kegiatan PK Online, seluruh Guru PAI mulai dari tingkat TK sampai SMA/SMK se-Kabupaten Banyuasin.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuasin H. Askolani menyampaikan PK online merupakan survey kompetensi guru PAI yang dilaksanakan secara online dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI untuk pengembangan berkelanjutan pada tahun berjalan. PK online ini dilaksanakan secara nasional dengan didasari KMA Nomor 211 tentang standar penyelenggaraan pendidikan agama islam. Dimana bertujuan untuk mengukur kompetensi pedagogik PAI, perencanaan pembelajaran, mengukur kompetensi profesional guru PAI.

“Tentunya Pemerintah Daerah akan selalu memberikan dukungan dalam setiap kesempatan apapun kegiatannya dan apapun programnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam yang tak terpisahkan dengan pembangunan nasional yaitu pembangunan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya yang cerdas lahir maupun batin,” ungkapnya.

Dilanjutkan Bupati, PK Online akan berlangsung melalui aplikasi www.siagapendis.com dari pukul 08.00 sampai 16.00 sore nanti yang akan disuguhi dengan cara menjawab soal secara online sebanyak 100 soal dalam waktu 180 menit. Kami berharap kalian dapat melaksanakannya dengan tenang karena rentang waktunya cukup panjang dan mudah-mudahan semuanya berhasil dengan baik.

“Pada tahun 2022 yang lalu, kita telah meluncurkan program 50 ribu khataman Al-Quran, Alhamdulillah kita diberi piagam rekor muri yaitu “Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia” semua itu adalah upaya kita untuk mendukung program Banyuasin Religius,” tambah orang nomor satu di Banyuasin ini.

“Harapan saya dan kita semua dengan kegiatan PK Online mampu menghasilkan data sesuai harapan dan dapat melahirkan guru PAI yang berkualitas, itu pula yang menjadi tekad dan dasar pemikiran saya selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin mengusung program Banyuasin Bangkit diantaranya adalah Banyuasin Cerdas dan Banyuasin Religius,” katanya.