Launching “SIPERAS” Inovasi Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin

Pangkalan Balai – SIPERAS adalah Sistem Pemetaan Kebutuhan Rambu Sungai dengan menggunakan fitur google maps pada Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin.

Adapun yang melatarbelakangi SIPERAS yaitu Kabupaten Banyuasin dengan luas wilayah 11.832,99 KM² memiliki 21 Kecamatan, 288 Desa dan 17 Kelurahan. 80% merupakan wilayah perairan yang hanya bisa ditempuh oleh jalur sungai dengan transportasi sungai, saat ini belum tersedianya database kebutuhan rambu sungai baik secara digital maupun non digital, sejatinya rambu sungai merupakan parasaran sungai yang sangat dibutuhkan untuk menunjang keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di sungai.

Dengan inovasi ini harapannya tercapai tujuan yaitu : Tersedianya database digital rambu sungai yang terintegrasi dengan fitur goggle maps sehingga membantu personil dalam pemetaan kebutuhan rambu sungai dan dapat diakses pada barcode blob:https://web.whatsapp.com/792d18d1-0d89-4b78-a100-2d607cc020be. Meningkatkan efisensi dan efektifitas dalam pemenuhan data untuk pengajuan anggaran kegiatan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan dan BPTD Wilayah VII SumselBabel dan yang terakhir meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan informasi kebutuhan rambu sungai melalui Kepala Desa dan/atau Camat Perairan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin.

Milestone Aksi Perubahan : Koordinasi Mentor, Pembentukan Tim Efektif, Rapat bersama Tim Efektif, Pengumpulan data kebutuhan rambu sungai berdasarkan koordinat dari Camat Wilayah Perairan (Partisipasi Masyarakat), Melakukan survey lapangan/pengambilan titik koordinat, Pemetaan Rambu Sungai dengan menggunakan fitur Google Maps, Pembuatan Barcode/QR database digital rambu sungai, Pembuatan backup data menggunakan Microsoft excel, Melaksanakan Sosialisasi SIPERAS dengan Camat Perairan dan Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin, Publikasi Aksi Perubahan/Launching SIPERAS, Pengukuran respon/tanggapan Desiminasi dan Publikas, Pembuatan Laporan Implementasi Aksi Perubahan.

Dari Pelaksanaan Milestone tujuan jangka pendek selama 60 hari sudah tersedia database digital dan non digital sebagai backup data dan peningkatan partisipasi masyarakat terhadap usulan kebutuhan rambu sungai melalui camat Perairan.