HD Minta IWO Miliki Dewan Redaksi dan Terus Beradaptasi

Palembang – Gubernur Sumsel, H. Herman Deru (HD) menghadiri dan membuka acara Musyawarah Bersama Wilayah I Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel di Hotel Luminor Palembang di Hotel Luminor Palembang, Minggu (28/5/2023).

Dalam sambutannya HD meminta agar musyawarah yang dilahirkan dapat melahirkan keputusan yang baik bermanfaat bagi keberlangsungan organisasi IWO sendiri.

HD mengatakan bahwa IWO dalam pelaksanaannya dilapangan harus dapat terus beradaptasi mengikuti perubahan jaman menyesuaikan dengan kebutuhan era.

“Musyawarah untuk meneruskan periode dalam sebuah kepemimpinan dalam sebuah organisasi nampaknya mudah. Tapi jika salah pilih, kita akan terjeda untuk mendapatkan hasil yang baik selama satu periode kepemimpinan”, tutur HD.

“Saya harap apa yang menjadi tujuan dari pada para pemimpinan sebelumnya yang telah menciptakan organisasi ini dapat di inventisir. Yang mana boleh diteruskan, yang mana sudah tidak up to date dengan kondisi sekarang harus diperbaharui”, tambah HD kepada semua anggota IWO yang hadir.

HD juga mengingatkan bahwa ada tiga ancaman besar bagi keberlangsungan organisasi IWO yaitu Wartawan Bodong, Berita Hoaks dan Objek Pemberitaan.

“Ancaman pertama bagi IWO ialah wartawan bodong, disaat ini semua orang bisa jadi wartawan tiba – tiba menyiarkan sebuah berita secara online. Musuh kita lainnya adalah hoaks. Hoaks ini dibuat oleh orang yang terdidik yang mengarahkan asumsi masyarakat, ini yang harus kita lawan bersama. Ketiga objek pemberitaan,  Saat ini pejabat politik yang menjadi objek paling seksi untuk diberitakan akan tetapi tidak semua masyarakat yang menginginkan berita politik. Saya harap IWO juga dapat membagi segmen pemberitaannya seperti kuliner, wisata, teknologi dan sebagainya”, ungkap HD.

Selain itu HD juga meminta agar IWO memiliki dewan redaksi yang dapat bertanggung jawab atas sirkulasi pemberitaan yang dihasilkan.