HD Buka Kontes Bonsai Tingkat Nasional 2023 dan Lomba Burung Berkicau Gubernur Cup 2023

OKU Timur – Saat membuka gelaran tersebut, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru katakan dirinya mengaku bangga sekali dimana kita berkumpul dilapangan bersejarah Taman Tani Merdeka untuk jadikan episentrum pusatnya kegiatan dimana sudah terkenal mendapat Adi Pura dan di zaman dirinya  jadi Bupati sudah 7 kali.

“Kepada masyarakat OKU Timur selalu sambut ramah dengan riang serta meriah akan tamu dan peserta kontestan, berikan kesan yang baik agar para tamu selaku mengingat Sumsel” ujar HD di Lapangan Tani Merdeka, Martapura Kab. OKU Timur, Minggu (25/6/2023).

Terkait tanaman bonsai, merupakan tanaman hias dan harus punya jiwa seni yang tinggi dibuat sedemikian rupa semakin tua akan semakin mahal dan bahkan nilainya dapat ditukar dengan sebuah mobil dan begitu juga pada manusia semakin tua akan bernilai.

Dilaksanakannya pameran bonsai dan lomba burung berkicau ini diharapkan dapat menggerakkan berbagai sektor, utamanya pariwisata, seperti tingkat hunian hotel akan meningkat, kuliner, tingkat kunjungan ke objek wisata, maupun UKM. Dan semua itu akan berimbas kepada peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya para pedagang kecil di sekitar perlombaan.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan, karena pastinya akan membawa dampak positif bagi masyarakat, serta keberlangsungan habitat flora dan fauna Sumatera Selatan. Sekali lagi Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Manajemen Sumatera Ekspres serta pihak-pihak lain yang terlibat” tutup HD.

HD juga  meninjau dan melihat pohon bonsai serta memantau suara kicau burung dan pada saat itu juga Gubernur memberikan hadiah umroh dan hadiah motor kepada pemenang door prize  kontestan kicau burung.

Sekjen PPBI Pusat, Andreas Tukimin utarakan disini akan berkumpul 551pohon bonsai. Perkumpulan terbesar di dunia akan mengelar tahun 2025. Event Bonsai bertujuan ini akan menjadi destinasi wisata dengan pengelolaan budi daya pohon serta meningkatkan ekonomi dan selaras dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).