Perlu Dukungan Semua Pihak Agar Penanganan Karhutla Lebih Efektif

Palembang – Pj Gubernur Sumsel Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si menerima Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Sigit Reliantoro membahas tentang spot-spot kebakaran, jenis penanganan yang sudah dilakukan, dan langkah-langkah lanjutan apa yang perlu diambil. Pertemuan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Arista, Rabu, 4/10/2023.

Dalam pertemuan tersebut hadir juga Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sumsel Drs H Edward Candra MH dan para Kepala OPD Provinsi Sumatera Selatan.

“Ini harus ditangani secara terpadu karena masing-masing dari berbagai instansi dan stakeholder punya tugas, kewenangan, dan tanggung jawab yang perlu disatukan sehingga penanganannya bisa lebih Efektif,” kata Fatoni.

Lebih lanjut Fatoni mengatakan , pertemuan ini juga membahas tentang kebutuhan-kebutuhan dalam penanganan karhutla termasuk SDM, peralatan, pendanaan dan maping tanggung jawabnya baik dari Pemprov, Pemkab/Pemkot, Kementerian, TNI/Polri, dan pihak swasta yang terkait langsung dan tidak terkait langsung.

“Selanjutnya akan dilaksanakan rapat bersama terkait penanganan karhutla ini bersama seluruh instansi terkait dibimbing oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Untuk sementara kita optimalkan Kebutuhan peralatan apa yang sangat dibutuhkan dan perlu ditambah serta PICnya” tambah Fatoni.

Fatoni juga menegaskan agar tidak boleh menunggu. “Kita lakukan apa yang bisa dilakukan. Kondisinya hari ini sudah membaik namun kita harus tetap menjaga. Peran media juga penting dalam mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan,” ujarnya.