Peringati Hari Rabies Sedunia Jadi Momentum Edukasi Kepada Masyarakat

SEMBAWA – Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH diwakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin Edil Fitriadi, SP.,M.SI dalam kegiatan Peringatan Hari Rabies Se-Dunia sekaligus Vaksinasi Rabies serentak yang diikutsertakan dalam Rekor Muri Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI digelar di UPT Puskeswan Sembawa, Kecamatan Sembawa, Sabtu (7/10).

Pada momen peringatan hari rabies sedunia ini dipusatkan di UPT Puskeswan Sembawa dengan dilakukan pemberian vaksin gratis oleh tim Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Selain pemberian vaksin pada hewan peliharaan juga dilakukan pemeriksaan pada hewan peliharaan sebagai upaya mencegah penyebaran rabies.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Banyuasin diwakili Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin menyampaikan penanggulangan penyakit rabies memerlukan pendekatan one health dengan kerjasama serta komitmen lintas sektor. Terdiri dari kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan disamping itu juga keterlibatan aktif masyarakat sangat diperlukan.

“Melalui kegiatan ini marilah kita bekerja sama dalam meningkatkan langkah strategis dan tindakan kewaspadaan penyebaran penyakit rabies diwilayah Kabupaten Banyuasin dan sekitarnya, dengan strategi utama penerapan kebersihan lingkungan, pengebalan hewan peliharaan, vaksinasi berkala serta pelaporan gejala adanya hewan terjangkit disekitar kita,” pungkasnya.

Dilanjutkan Kadis Edil Fitriadi, usaha dalam memberantas penyebaran penyakit hewan ini bukan hanya tugas Pemerintah ada peran masyarakat yang lebih aktif. Oleh karena itu mari kita bersama-sama berupaya untuk mencegah penyebaran rabies diwilayah Kabupaten Banyuasin untuk mendukung tercapainya Indonesia bebas rabies.

“Tentunya dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies ini dapat berperan dalam mendorong peningkatan pelayanan publik disektor layanan kesehatan hewan dan layanan kesehatan masyarakat. Pencegahan penularan melalui vaksinasi pada hewan beresiko terjangkit rabies akan bisa melindungi masyarakat dari ancaman rabies yang mematikan,” ujarnya.