Samurai Biru Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Al Rayyan – Jepang melaju ke semifinal Piala Asia U-23 usai membungkam tuan rumah Qatar 4-2 di perempat final. Hasil ini semakin memperbesar peluang Samurai Biru melaju ke Olimpiade Paris 2024.

Bertanding di Stadion Jassim Bin Hamad, Kamis (25/4), Jepang unggul cepat di menit ke-2. Tembakan jarak jauh Fuki Yamada bersarang telak di sudut kanan gawang Qatar yang dijaga Youssef Abdullah.

Tuan rumah berhasil menyamakan skor pada menit ke-24. Ahmed Al Rawi menuntaskan umpan silang Abdullah Al Yazidi dengan sundulan ke sudut kanan gawang tanpa mampu dihalau kiper Jepang, Leo Kokubo.

Petaka bagi Qatar muncul di menit ke-41. Youssef diusir wasit akibat adanya kontak dengan Mao Hosoya di depan kotak penalti. Tayangan ulang menunjukkan sang kiper menendang perut Hosoya saat melompat untuk menyundul bola. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Qatar yang bermain dengan 10 orang justru berbalik unggul pada menit ke-49. Tendangan bebas Mostafa Meshaal disambut oleh sundulan Jassem Gaber yang sukses menaklukkan Kokubo.

Namun Jepang bangkit dan berhasil mencetak gol pengimbang di menit ke-67. Seiji Kimura menuntaskan sepak pojok Rihito Yamamoto dengan sundulan ke sudut kiri untuk menaklukkan kiper pengganti Ali Nader.

Jepang berupaya mengepung Qatar. Kein Sato mendapat peluang lewat sundulan di menit ke-76, namun bola masih dalam jangkauan Ali. Sundulan Shota Fujio di menit ke-77 juga melambung di atas gawang. Skor 2-2 hingga usai memaksa laga berlanjut ke babak tambahan.

Gol ketiga Jepang akhirnya hadir di menit ke-101. Ryotaro Araki mengirim umpan terobosan kepada Hosoya yang kemudian melepaskan tembakan melewati celah kaki Ali untuk membobol gawang Qatar.

Pada menit ke-112, Jepang mencetak gol keempat yang sekaligus mengubur mimpi Qatar. Tembakan kaki kanan Sota Kawasaki berhasil ditepis Ali, namun bola liar dituntaskan Kotaro Uchino yang berdiri bebas di depan gawang. Skor 4-2 bertahan hingga usai.