Jejak Kaki Harimau Pemangsa Sapi Ditemukan Dekat dengan Rumah

SUBULUSSALAM – Masyarakat Sultan Daulat, Kota Subulussalam mengaku harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) juga pernah muncul di permukiman masyarakat Desa Darul Makmur beberapa tahun lalu.

Namun, harimau ini menurut warga turun gunung jika ada permasalahan keburukan yang terjadi di tengah masyarakat.

”Memang dulu juga ada muncul ke permukiman warga, kalau ada masalah di kampong dia turun,” kata Jamuddin, Kepala Desa Darul Makmur, Minggu (16/2/2020).

Menurut Jamuddin, harimau turun ke permukiman penduduk biasanya saat ada masalah penyakit masyarakat semisal perilaku buruk.

Karenanya, turunnya kembali harimau sumatera di wilayah ini juga sebagian diduga karena ada hal-hal yang buruk terjadi.

Namun, sebagian berpendapat jika harimau turun lantaran habitatnya sudah terganggu akibat hutan yang terus menipis serta stok makanan semakin berkurang.

Sebagaimana dikabarkan harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dilaporkan muncul di permukiman masyarakat Desa Darul Makmur dan Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam dan memangsa dua ekor sapi di daerah ini.

Berdasarkan foto yang dikirim kepada Serambinews.com oleh warga setempat, tampak potongan tubuh sapi sisa mangsa harimau di Desa Singgersing.

Dilaporkan, sapi yang dimangsa harimau berjumlah dua ekor yakni induk dan anaknya.

Tubuh anak sapi ternak warga ludes dimakan sedangkan induknya hanya sepotong bagian belakang atau ekor. Tubuh bagian ekor sapi tampak sudah terluka parah dan sebagian dagingnya habis.

Dalam foto tersebut sapi tampak berusaha lari dan terjebak di parit berlumpur dengan posisi kaki terbenam hingga diterkam harimau.

Sejumlah masyarakat mulai was-was atas kehadiran harimau sumatera di dekat permukiman penduduk.

Pasalnya, lokasi ternak yang dimangsa serta jejak kaki harimau berada dekat dengan rumah penduduk atau terpaut ratusan meter.

Kondisi ini membuat masyarakat ketakutan untuk pergi ke kebun.

Warga berharap pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) segera menangkap atau menghalau hewan bertaring tersebut. (net)