Antisipasi Corona, Pemkot Palembang Perpanjang Libur Sekolah

Gedung Pemerintah Kota Palembang (Foto: Ist)

PALEMBANG – Pemkot Palembang memutuskan memperpanjang libur sekolah hingga 4 April mendatang. Sebelumnya, PAUD hingga SMP telah dirumahkan sejak 17 hingga 30 Maret.

Keputusan memperpanjang merumahkan aktivitas sekolah ini telah diumumkan Dinas Pendidikan melalui aplikasi pesan ke sekolah – sekolah yang menjadi kewenangan pemerintah kota.

“Ya benar. Hal ini dilakukan berdasarkan keputusan Wali Kota Palembang untuk memperpanjang waktu anak sekolah untuk belajar dirumah karena kondisi pandemik covid-19 ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto, Rabu (25/3/2020).

Zulinto menegaskan, meski dirumahkan peserta didik diminta tetap efektif belajar melalui kelas jauh dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau kelas maya yang dikembangkan oleh Pustekom Pusdatin Kemendikbud, di bawah pemantauan guru dan orangtua.

“Waktu perpanjangan belajar di rumah ini bukan dimanfaatkan orangtua maupun siswa untuk berpergian di tempat umum tapi benar-benar di rumah dan belajar apa yang telah diberikan tugas oleh guru,” katanya.

Ia mengimbau orang tua dapat membimbing anak-anaknya belajar di rumah serta membatasi ruang gerak anak-anak untuk beraktifitas di luar rumah sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran Covid-19.

Untuk para guru berperan aktif memberikan tugas-tugas lanjutan kepada peserta didik baik melalui media dalam jaringan (Daring), WhatsApp (WA) dan sebagainya.

Begitu juga dengan tempat les dan bimbel, untuk memperpanjang liburnya sesuai keputusan ini.

“Intinya semua belajar dalam jaringan atau melalui rumah dan tak ada aktivitas kumpul bersama banyak orang,” katanya. (hmy)