Perkuat Keamanan Data, Pemprov Sumsel kerjasama dengan BP Batam

Batam – Pemprov Sumsel melalui Dinas Kominfo Provinsi Sumsel melakukan Kerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam tentang Pemanfaatan Layanan Data Center Badan Pengusahaan Kawasan Bebas Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sebagai Pusat Pemulihan Data /Disaster Recovery Centre bertempat di Batam, Jum’at (13/1/2023).

Gubernur Sumsel H.Herman Deru melalui Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel H. Achmad Rizwan, SSTP, MM bahwa sebelumnya telah terjadi Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam  tentang Layanan Data Centre Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam Untuk Pusat Pemulihan Data/Disaster Recovery Center Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Ini adalah perpanjangan kerjasama dari kerjasama sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memback-up  data agar terjaga dan menghindari hal-hal yang tidak dinginkan”  ujar Rizwan.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Badan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Sylvia J. Malaiholo S.Kom.,MM mengatakan sesuai tugas dan fungsinya selain melaksanakan pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sesuai dengan fungsi-fungsi Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, juga menyediakan fasilitas Data Center yang berfungsi sebagai Pusat Pemulihan Data/Disaster Recovery Centre/Data Center untuk penempatan perangkat teknologi informasi milik instansi pemerintah dan swasta.