Gubernur Sumsel Dampingi Menteri PUPR Tinjau Lokasi IPAL Sungai Selayur

Palembang – Gubernur Sumsel H. Herman Deru melakukan Kunjungan Bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. H. Mochamad Basuki Hadi Moeljono, dan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, dalam rangka peninjauan Lokasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sungai Selayur, Kamis (10/10/2023).

Adapun kegiatan kunjungan bersama itu meliputi mendengarkan oenjelasan dari Dinas PUPR Kota Palembang/Balai PPW Sumsel/COMU Palembang City Sanitation Project (PCSP) dilanjutkan dengan pengambilan sampel air limbah, photo ops.

Usai melakukan peninjauan Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR serta pemerintah Australia yang sudah begitu perhatian dengan sanitasi di Kota Palembang, Sumsel.

Menurutnya kerjasama ini bukan soal konstruksi saja namun berkaitan erat dengan hubungan baik kedua negara. Sedangkan bagi Pemprov ini tentu menjadi beban yang positif agar Pemprov dan Pemkot dapat berbuat yang lebih baik kedepannya.

Menurutnya keberadaan IPAL ini akan mengedukasi masyarakat secara terus menerus untuk hidup sehat, bersih dan bebas stunting.

” Investasi ini begitu besar, Pemprov dan Pemkot punya tanggungjawab soal sambungannya. Makanya rekan media kita harap ikut berperan mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya sanitasi dan kesehatan,” jelasnya usai meninjau IPAL.

Sementara itu Menteri PUPR Ir. H. Mochamad Basuki Hadi Moeljono mengatakan bahwa proyek instalasi pengolahan air limbah ini akan mengolah limbah-limbah dari wc, rumah tangga, perkantoran, komersil seperti restoran dan lainnya melalui sistem pipa.

Menurutnya IPAL Sei Selayur ini hanya satu dari sanitasi modern di Indonesia selain di Makasar DKI Jakarta dan Pekan Baru dan sebentar lagi Jambi.