Salni Pajar Mengembangkan Aplikasi PPID Berbasis Web

Pangkalan Balai – Di era digitalisasi saat ini, kebutuhan masyarakat akan informasi harus bisa cepat dan efisien dari sisi waktu dan tenaga. Untuk kalangan pemerintahan kebutuhan informasi masih terpusat pada dinas komunikasi di tiap daerah masing-masing. Berangkat dari semangat ingin menyuguhkan informasi yang cepat dan mudah didapat inilah, Salni Pajar, Kepala Dinas Komunikasi,Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banyuasin mengembangkan aplikasi PPID berbasis web, yang dapat dengan mudah diakses darimana saja dan kapan saja.

Dr. H. Salni Pajar, S.Ag.,M.HI menyampaikan saat ini keterbukaan informasi dan pengaduan masyarakat menjadi hal yang mesti cepat direspon sebagai salah bentuk pelayan pemerintah terhadap masyarakat. Dilanjutkan beliau, sistem, cara penangan pengaduan, kerjasama dan sinergitas antar OPD yang akan dikembangkan untuk bisa menyuguhkan cara memperoleh informasi yang lebih mudah diakses masyarakat. Inovasi kepala dinas kominfo ini berupa layanan PPID dalam bentuk aplikasi digital. “Dengan aplikasi kebutuhan informasi yang ingin diminta masyarakat bisa diproses lebih cepat” urainya.

Lebih lanjut disampaikan, jika pada metode lama PPID menerima setiap permintaaan informasi masyarakat dengan cara manual, artinya setiap masyarakat yang membutuhkan data informasi membawa surat permohonannya ke kantor Dinas Kominfo.SP. Maka, dengan adanya inovasi ini tidak hanya melayani surat yang datang langsung tetapi permohonan juga bisa dibuat secara digital.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah, pada setiap surat yang dikeluarkan akan disertai tanda tangan elektronik (tte) sebagai bentuk keabsahan informasi yang dikeluarkan. Harapan beliau segala bentuk kebutuhan informasi akan segera ditanggapi. “karna semakin transparan akan semakin sedikit jumlah pengaduan, karena persoalan masyarakat sudah terjawab secara terbuka” ungkapnya.

Dr. Salni Pajar menjelaskan sementara aplikasi ini akan diterapkan dilingkungan internal Dinas Kominfo.SP, untuk selanjutnya diterapkan di dinas-dinas dalam wilayah komplek perkantoran Pemkab Banyuasin, setelah itu baru akan diterapkan sampai ke wilayah kecamatan di seluruh Kabupaten Banyuasin.

Dalam rangka penerapan dan pengembangan aplikasi hasil karya para programer Diskominfo.SP Kabupaten Banyuasin ini, Dr.Salni Pajar aktif menyuarakan aplikasi ini di media sosial dan Radio Suara Banyuasin.