Pilih Mediasi Mencari Solusi Ketimbang Laksanakan Aksi

Muara Enim – Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan antara warga Desa Gunung Raja Kecamatan Empat Petulai Dangku Kabupaten Muara Enim, dengan salah satu perusahaan di sana, diputuskan ditempuh melalui jalur mediasi.

Mediasi dilaksanakan antara warga Gunung Raja dengan pihak perusahaan, yang ditengahi personil Dit Intelkam Polda Sumsel.

Kanit 4 Subdit 3, Kompol Madian menuturkan, dirinya bersama personil Intelkam Polda Sumsel memediasi antara warga yang diketuai tokoh masyarakat Sudianto dengan pihak perusahaan.

“Rencananya, warga ini akan melaksanakan aksi unjuk rasa. Untuk pengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga kami sarankan untuk mediasi. Masyarakat menerima saran yang kami berikan,” katanya, Jumat (27/10/2023).

Lanjutnya, rencana aksi unjuk rasa yang masyarakat Desa Gunung Raja Kecamatan Empat Petulai Dangku Kabupaten Muara Enim, menuntut salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim, untuk memenuhi kesepakatan yang telah dibuat pada tanggal 25 Juli 2023 lalu.

Meski mediasi yang dilaksanakan ini, belum ada kata kesepakatan antara warga dan pihak perusahaan, akan tetapi dilaksanakan kembali mediasi lanjutan antara masyarakat dengan pihak perusahaan.

“Untuk apa menggunakan otot hingga nantinya berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik duduk bersama, mencari solusi hingga kedua belah pihak bisa bertemu kata sepakat. Ternyata kedua belah pihak setuju dan akan kembali dilakukan mediasi lanjutan,” pungkasnya.